27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Dishut Papua Barat Fokuskan SDM, Peningkatan Ekonomi, dan Perubahan Iklim dalam Rakornis

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Tiga poin menjadi fokus pembahasan Dinas Kehutanan (Dishut) Papua Barat dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kehutanan Papua Barat yang berlangsung, Senin (22/5/2023).

    “Sumber daya manusia (SDM), peningkatan ekonomi masyarakat, dan perubahan iklim. Tiga itu yang akan kita bahas dalam rakornis,” ujar Kepala Dishut Papua Barat, Hendri Runaweri.

    Ia menjelaskan pada 2030, targetnya adalah mencapai keseimbangan antara pemanasan global dan emisi karbon agar iklim menjadi lebih baik bagi kehidupan manusia.

    Baca juga:  Rakerda I MUI Serukan Persatuan dan Kekuatan Umat Bangun Papua Barat

    Hendri juga menyebutkan tentang penurunan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor kehutanan setelah pemekaran Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

    “Usai pemekaran Papua Barat Daya maka PAD Papua Barat juga mengalami penurunan sehingga harus mendapatkan potensi yang ada untuk meningkatkan PAD,” katanya.

    Baca juga:  15 KK Korban Penggusuran Lahan Bandara Rendani Terima Sertifikat Tanah dan Rumah

    Staf Ahli Gubernur Papua Barat, Niko Tike, yang membuka rakornis mengungkapkan Papua Barat memiliki potensi kehutanan yang sangat besar.

    “Kita memiliki potensi hutan yang besar sebelum pemekaran Papua Barat, yakni 9,7 juta hektare. Setelah pemekaran Papua Barat Daya menjadi 6,2 juta hektare yang tersebar di tujuh wilayah Papua Barat,” bebernya.

    Meskipun terjadi penurunan luas hutan, menurut Niko, hal ini memberikan keuntungan dalam pengelolaan kehutanan yang lebih efisien dan efektif dibanding sebelumnya.

    Baca juga:  Tingkatkan Produk Pangan Lokal, Dinas Ketapang Papua Barat Gelar Pangan Lokal Aman

    “Maka rentan kendali kewilayahan menjadi lebih terfokus pada tujuh kabupaten. Dampak lain yakni perlunya dilakukan penyesuaian kelembagaan yang semula 21 UPTD menjadi 8 UPTD,” ucapnya.

    Niko juga mengungkapkan rencananya untuk melakukan perampingan di Dinas Kehutanan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...