25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Kemenag Pantau Hilal di 3 Titik di Papua Barat: 1 Ramadan Jatuh Selasa Besok

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Tim Pemantau Hilal yang terdiri atas Kementerian Agama, Pengadilan Agama dan gabungan ormas Islam melakukan pemantauan di Pantai Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Minggu (103/2024). Terdapat 3 titik yang menjadi pusat pemantauan hilal di Papua Barat dari 130 titik di Indonesia.

    Tiga titik di Papua Barat yakni Manokwari, Sorong dan Fakfak. Proses pemantauan dengan metode rukyat ini menggunakan teropong milik Organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Papua Barat.

    Baca juga:  Tidak Cukup Bukti, Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Pejabat Pemprov Papua Barat Dihentikan

    “Hasil penghitungan itu di bawah ufuk datanya minus 0 derajat enam menit artinya masih di bawah ufuk dari pemantauan,” kata Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Manokwari Muhammad Syauky.

    Dia menyebut dengan hasil tersebut kemungkinan awal Ramadan akan jatuh pada Selasa (12/3).

    “Kemungkinan data yang di bawah ufuk ini disampaikan oleh Kementerian Agama kita akan berketetapan bahwa awal ramadhan aka jatuh pada Selasa (12/3),” ucapnya.

    Baca juga:  Mendag Lutfi Bahas Upaya Pemulihan Bersama Negara-Negara ASEAN

    Kepala Bimas Islam dan urusan Haji Kemenag Papua Barat Aziz Hegemur mengatakan pemantauan Hilal di Pantai Masni nampak awan cukup tebal.

    “Kita bersabar nanti malam insha Allah akan diadakan sidang isbat di Jakarta sama sama kita bersabar melihat apakah 1 Ramdan akan jatuh pada 11 Maret atau kah Selasa 12 Maret 2024,” kata Aziz Hegemur.

    Baca juga:  Kolaborasi Unipa-SKK Migas Berlanjut, Diharap Lahirkan Softskill di Kampus

    Dia menambahkan pemantauan Hilal dilakukan di tiga titik yakni Pantai Masni Manokwari, Kampus STAIN Fakfak Papua Barat dan di Kota Sorong Papua Barat Daya.

    “Di Pantai Masni kita libatkan MUI, Pengadilan Tinggi dan pengadilan Agama Manokwar serta ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah serta LDII Papua Barat,” katanya. (LP2/red)

    Latest articles

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas Tahun 2024. Rakernis digelar tanggal 12-14...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Sebanyak 30 calon anggota legislatif pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 resmi ditetapkan sebagai...