25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Kapolda Papua Barat Ditantang Usut Penyaluran Dana Konservasi, Ada Dugaan TPPU

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Sekretaris Umum DPP BMP21 Papua Barat, Markus Fatem, meminta Polda Papua Barat membuka penyelidikan atas kasus dugaan korupsi dana konservasi. Dana konservasi bergulir sejak 2017 dan diduga terjadi banyak penyimpangan.

    “Saya minta Bapak Kapolda Papua Barat (Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir) tolong cek dan audit dana konservasi tahun 2017-2022. Anggarannya tidak sampai ke masyarakat adat. Sejak Papua Barat dinobatkan sebagai provinsi konservasi di Indonesia, bahkan dunia internasional,” ujar Markus dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).

    Baca juga:  A-4 Optimistis Caleg Anak Asli Amban Amankan Satu Kursi di Dapil Manokwari 2

    Menurut Markus, ada indikasi penyalahgunaan anggaran yang menjurus pada tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

    “Dana konservasi yang ada di salah satu dinas di Pemprov Papua Barat, yaitu DKP Papua Barat, itu harus diaudit. Pasti ada dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang,” kata Markus yang juga Ketua Kelompok Kerja Konservasi Penyu (KKP) Yayasan Konservasi Alam Papua Barat.

    Baca juga:  Tunggu SK DPP, BMP2I Papua Barat Daya Segera Terbentuk

    Markus membeberkan dirinya sebagai pemerhati masalah sosial di tanah Papua Barat ikut mendorong dan mendesak aparat penegak hukum melakukan monitoring terhadap kasus korupsi dan TPPU di Papua Barat.

    Baca juga:  Papua Barat Diprediksi Alami Puncak Gelombang Ketiga di Awal Maret

    “Saya minta dan dukung Kapolda Papua Barat sebagai aparat negara dalam rangka memberantas dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang di Papua Barat. Kami dukung dan saya minta tolong kami masyarakat terus mengeluh soal hak-hak mereka,” tuturnya. (*/Red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...