25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Insiden Kramomongga, Pidar Papua Barat Minta Kapolres Fakfak Dicopot

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Hampir sepekan setelah insiden di Distrik Kramomongga, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, yang menawaskan Kepala Distrik, Darson Hehemur, polisi belum berhasil menangkap para pelaku.

    Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel T.M. Silitonga, Sabtu (19/8/2023), mengungkapkan bahwa proses penyelidikan masih berlangsung.

    Gerakan pemuda Rakyat yang tergabung dalam organisasi Pidar Papua Barat mendesak kepada Kapolda Papua Barat untuk mencopot Kapolres Fakfak, AKBP Hendriyana.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Jamin Netralitas Jajarannya Pada Pemilu 2024

    “Kami minta agar Kapolda mencopot Kapolres Fakfak. Persoalan ini merupakan tanggung jawab keamanan di wilayah hukum Polres Fakfak. Kami menduga ada kesan pembiaran hingga menyebabkan hilangnya nyawa orang lain,” kata Ketua Pidar Papua Barat, Jeckson Kapisa.

    Kapisa juga mempertanyakan kinerja kepolisian dalam menangani kasus ini. “Kami mempertanyakan kinerja kepolisian dalam mengungkap persoalan ini karena hingga saat ini belum ada keterangan polisi terkait penangkapan para pelaku,” ujarnya.

    Baca juga:  Selangkah Lagi! 3 Polres Baru Segera Terbentuk di Papua Barat

    Kapisa juga menyoroti pemberitaan media yang mengklaim bahwa polisi telah mengidentifikasi para pelaku. “Proses penyelidikan yang lama dapat berdampak pada psikologi keluarga korban,” tambahnya.

    Sebelumnya, salah satu anggota keluarga korban, Samaun Hegemur, mendesak agar penanganan kasus ini diserahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

    Insiden penyerangan dan pembakaran yang terjadi di Distrik Kramomongga menyebabkan kerusakan bangunan sekolah dan kantor distrik. Selain itu, Kepala Distrik, Darson Hegemur, menjadi korban meninggal dunia.

    Baca juga:  Hina Suku Arfak, Pemilik Akun FB Echy Dilapor ke Polres Manokwari

    Darson dikebumikan di taman makam pahlawan hanya sehari setelah perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel T.M. Silitonga, dan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema. (*/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...