28.5 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.5 C
Manokwari
More

    HUT Ke-74 Polwan, Polres Manokwari Sosialisasi Internet Sehat di Sekolah-Sekolah

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Polres Manokwari menggelar sosialisasi tentang penggunaan internet sehat maupun bijak dalam menggunakan media sosial di sejumlah sekolah, yaitu SMA Negeri 1 Manokwari, SMA YPK Oikoumene, dan SMK Negeri 1 Manokwari. Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan momentum hari ulang tahun (HUT) ke-74 Polwan tahun 2022.

    Wakapolres Manokwari, Kompol Agustina Sinery, mengatakan pada era teknologi saat ini penggunaan internet dan media sosial sangat akrab di masyarakat. Dalam penyampaian kepada para siswa sekolah, kata dia, pihaknya mengingatkan agar penggunaan media sosial dan internet harus secara bijak.

    Baca juga:  Jaga Wilayah Pesisir, Polair Manokwari Rangkul Warga Meninyumfoka

    “Jika tidak maka dapat berpotensi menjadi persoalan hukum karena memiliki dampak yang sangat luas. Yang juga diperhatikan adalah agar para siswa tidak mudah berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal karena rawan terjadi tindak kejahatan. Sengaja kami menyasar anak-anak sekolah karena mereka sebagai generasi muda yang memiliki potensi jangan sampai terjerumus karena salah dalam pemanfaatan internet atau media sosial,” kata Agustina, Selasa (9/8/2022).

    Baca juga:  Politisi PKS Harap Pemerintahan Baru Perhatikan Nasib Petani Manokwari

    Dalam kesempatan itu, Agustina juga menyampaikan bahwa pihak Polres Manokwari beberapa waktu terakhir sudah memproses sejumlah kasus hukum yang berkaitan dengan penyalahgunaan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

    “Menggunakan internet dan media sosial ini merupakan suatu keuntungan jika dapat digunakan secara baik, tetapi sebaliknya dapat menjadi kerugian jika salah digunakan. Dengan beberapa penanganan kasus yang dilakukan kami sampaikan kepada para siswa agar mereka punya pemahaman atau gambaran. Diharapkan dengan penyampaian tersebut maka siswa menghindari dampak negatif yang terjadi dalam penggunaan media sosial sehingga dapat membentengi diri,” tuturnya.

    Baca juga:  Deputi Kemenpan RB Pantau Pelayanan SKCK dan SIM di Polres Manokwari

    Dalam beberapa waktu terakhir Polres Manokwari sering mendapat laporan berkaitan dengan ITE. Dari sejumlah kasus tersebut mayoritas terjadi karena ketidakpahaman terhadap aturan penggunaan internet maupun media sosial. (LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Hilang Saat Berburu, Yahya di Temukan Meninggal di Hutan Anggori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sempat dinyatakan hilang saat berburu, seorang warga bernama Yahya ditemukan meninggal dunia...

    Aristoteles Wamafma Bulatkan Tekad Ikut Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Salah satu figur yang aktif diberbagai organisasi gereja maupun politik yaitu Aristoteles...

    Maju Pilkada Manokwari, Hermus Yakin Dapat Dukungan Mayoritas Partai Politik  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dukungan bagi Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) Manokwari Hermus Indou yang juga...