28.9 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28.9 C
Manokwari
More

    Hans Koromath, Terpidana Mati Pemerkosa Anak di Bawah Umur Dieksekusi ke Lapas Makassar

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari memindahkan empat terpidana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Makassar, Jumat kemarin. Dari empat orang, 1 di antaranya merupakan terpidana mati, Hans Koromath.

    Hans Koromath divonis mati atas kasus pemerkosaan anak di bawah umur hingga meninggal dunia. Sementara tiga lainnya adalah terpidana seumur hidup.

    Mereka ialah Aihil Adhari Umar Zain, Muhammad Suaib, dan Ahmad Yani. Ketiganya divonis hukuman seumur hidup dalam kasus pembunuhan berencana.

    Baca juga:  Polres Manokwari Kesulitan Ungkap Kasus Penemuan Mayat Perempuan di Arfai

    “Lapas Klas IIB Manokwari sudah over crowded dan bukan Lapas yang maximum security. Untuk itu mereka dipindahkan ke Lapas Makassar,” kata Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat Rudy Hartono melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Billy Wuisan, dalam kutipan resmi yang diterima Linkpapua.com, Sabtu (23/10/2021).

    Baca juga:  Polres Manokwari Identifikasi Penemuan Mayat di Arfai

    Para terpidana itu dipindahkan ke Lapas Klas I Makassar karena merupakan Lapas yang maximum security. Selain itu, hal lain yang menjadi pertimbangan pemindahan terhadap para terpidana ialah, menjaga agar keamanan dan ketertiban Lapas Klas IIB Manokwari, tetap kondusif.

    Dalam pelaksanaan eksekusi itu, para terpidana dikawal empat personel Brimob Polda Papua Barat. Satu pengawal tahanan Kejari Manokwari, dan dua petugas Lapas Klas IIB Manokwari, serta tiga jaksa eksekutor.

    Baca juga:  Hermus Indou Semakin Dekat Berkoalisi dengan Golkar 

    Mereka menuju Makassar menggunakan pesawat komersil Lion Air dari Bandar Udara Rendani Manokwari pada Jumat 22 Oktober, Pukul 16.30 WIT.

    “Eksekusi telah dilakukan, seluruhnya berjalan aman, lancar dan terkendali,” kata Wuisan. (LP7/red)

    Latest articles

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat...

    0
    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus Mancadan untuk maju bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Papua...

    More like this

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai...

    Raker Forum Intelektual Risaturi, Kuatkan Sinergi dan Inovasi Antar-Suku di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Forum Intelektual Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri (Risaturi) Bersatu menyelenggarakan Rapat...