Kamis, Oktober 5, 2023
28.3 C
Manokwari
28.3 C
Manokwari
Kamis, Oktober 5, 2023

Gelar Lomba Kreasi Pangan Lokal, Indrayanti Mandacan : Menguatkan Persaudaraan Perempuan Arfak

MANOKWARI, linkpapua.com – Badan Pengurus Perkumpulan Perempuan Arfak Provinsi Papua Barat berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menyelenggarakan kegiatan bernuansa kearifan lokal. Kegiatan ini dimaksudkan untuk merekatkan persaudaraan antar semua perempuan Arfak.

“Kegiatan ini kan program kerja Badan Pengurus Ikatan Perempuan Arfak Provinsi Papua Barat. Sejak organisasi ini terbentuk Maret 2023, visi misi yang dijabarkan dalam program bidang pendidikan dan organisasi sangat jelas. Kita ingin merekatkan persaudaraan antar perempuan Arfak,” ujar Ketua Badan Pengurus Ikatan Perempuan Arfak, Indrayanti Y Mandacan SE, M.Si di sela-sela lomba yang digelar Sabtu (9/9/2023) di halaman kantor Distrik Warmare.

Adapun lomba yang digelar yakni kreasi menu sehat pangan lokal, Tari Tumbuk Tanah, dan lomba jaga Telur Naga serta games. Kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Distrik Warmare.

Menurut Indrayanti, dari bidang pendidikan, ada lomba menu pangan lokal. Sementara dari adat dan budaya ada Tarian Tumbuk Tanah.

“Itu yang kita aplikasikan lewat kegiatan ini,” ucapnya.

Indrayanti lalu menceritakan awal mula munculnya ide ini. Dan terlibatnya TP PKK di dalamnya.

“Kenapa sampai PKK kita libatkan dalam kegiatan ini, ketika bertemu dengan ibu Ketua PKK satu bulan yang lalu, saya sempat sampaikan bahwa Ikatan Perempuan Arfak akan membuat kegiatan di Distrik Warmare. Ternyata beliau merespons dengan baik, dan minta dukungan ibu. Beliau sangat mendukung, maka jadilah seperti sekarang ini,” terang Indrayanti.

Baca juga:  Sekretariat Perkumpulan Perempuan Arfak Papua Barat Diresmikan

Indrayanti merasa sangat bersyukur karena kegiatan yang diselenggarakan ini banyak mendapat dukungan dan respons positif dari berbagai pihak. Khususnya masyarakat Distrik Warmare, termasuk Kepala Distrik.

Baca juga:  Ketua Dekranasda Papua Barat Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Kemandirian

“Beliau welcome sekali dengan kami. Senin saya ketemu dengan Kepala Distrik, Jumat saya kumpul warga yang akan dilibatkan dalam kegiatan, sekitar 330 orang untuk 31 kampung. Sekaligus pengecekan kampung mana dan lomba mana yang akan diikuti. Sampai hari ini kegiatan berlangsung dengan sukses,” terang Indrayanti.

Khusus lomba cipta menu lokal, Indrayanti mengatakan, tak sekadar mengangkat keragaman pangan lokal, tetapi juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk menampilkan bakat dan kemampuan mereka.

“Dampaknya sangat positif. Dari lomba ini kita bisa mengangkat kembali nilai pangan lokal kita,” ucapnya.

Menurut Indrayanti, ada orientasi masa depan dari kegiatan ini. Diharapkan, masyarakat semakin cinta pada pangan lokal. Di mana nanti akan mengangkat kearifan lokal Papua Barat agar menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

Tujuan dari kegiatan ini untuk merangkul semua Perempuan Arfak, menciptakan persaudaraan yang kuat di antara semua Perempuan Arfak.

Pada kegiatan ini Ikatan Perempuan Arfak turut mengundang organisasi Perempuan yang ada di Papua Barat, PKK Papua Barat, PKK Kabupaten Manokwari. (LP1/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here