26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Pemprov dan TP PKK Papua Barat Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan lewat Pengobatan Massal

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat bekerja sama TP PKK Papua Barat menggelar pengobatan massal di Distrik Tanah Rubuh, Kabupaten Manokwari, Kamis (3/8/2023).

    Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

    Pengobatan massal mencakup layanan pengobatan umum, pemeriksaan ibu hamil dan USG, pemeriksaan anak, serta pelayanan dokter gigi dan sikat gigi massal.

    Selain itu, juga dilakukan penyuluhan bagi ibu hamil tentang pentingnya gizi seimbang, persiapan menuju persalinan, dan perawatan pasca persalinan.

    Baca juga:  Mutasi 'Injury Time', Waterpauw Geser 7 Pejabat Pekan Depan

    Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Papua Barat, Niko U. Tike, mewakili Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, menekankan bahwa kesehatan bukanlah hal yang bisa dibeli melainkan merupakan tanggung jawab bersama.

    “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana sebaik mungkin. Kesehatan merupakan aset manusia yang berharga sepanjang hidup,” ujarnya,

    Ketua TP PKK Papua Barat, Roma Megawanti Pasaribu, menyampaikan visi TP PKK, yaitu menciptakan keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman, dan bertakwa. Menurutnya, kesehatan menjadi fokus utama setelah munculnya wabah Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya.

    Baca juga:  Waterpauw Ajak Mahasiswa Polinef Lahirkan Solusi Masalah Papua Barat

    Ia menjelaskan ide untuk menyelenggarakan pengobatan massal di Distrik Tanah Rubuh merupakan inisiatif dari Pj Gubernur Papua Barat dan merupakan usulan dari internal TP PKK, setelah sebelumnya acara serupa sukses dilaksanakan di Kampung Susweni.

    “Ini ide dari Bapak Pj Gubernur sendiri untuk melakukan pengobatan massal sekaligus dalam rangka HUT kemerdekaan RI. Kita tunggu kira-kira dari distrik lain mana yang mau kita lakukan pengobatan massal,” katanya.

    Baca juga:  Turnamen Bola Voli HUT TNI Dandim 1806/TB Cup I Dimulai

    Megawanti mengapresiasi partisipasi masyarakat dan melibatkan pelajar dalam kampanye menggosok gigi dengan benar, sosialisasi menjaga kebersihan, serta pentingnya konsumsi makanan bergizi.

    “Pengobatan massal dilakukan untuk meningkatkan kesehatan. Apresiasi partisipasi baik. Semoga kehadiran Bapak-Ibu di sini semakin memahami tupoksi PKK. Kepercayaan Pj Gubernur bagi PKK karena katanya lebih gesit, teliti, dan rapi,” ucapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...