25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Forkopimda dan 18 Partai Politik Sepakat Ciptakan Pemilu Damai di Bintuni

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar pertemuan dengan Badan Kesbangpol, Forkopimda dan 18 partai politik peserta Pemilu di Aula Andriano Ananta Mapolres Teluk Bintuni, Rabu (24/1/2024). Pertemuan ini dalam rangka menyerap berbagai masukan menjelang Pemilu 14 Februari 2024.

    Kapolres Teluk Bintuni AKBP Choiruddin Wachid, menyampaikan, sesuai hasil kerja intelijen di Kabupaten Teluk Bintuni, dari 280 tempat pemungutan suara ada 34 TPS dengan kategori sangat rawan. Karena, catatan ini harus menjadi perhatian bersama.

    “Bila situasi dan kondisi selama pemungutan suara tidak memungkinkan, maka tidak menutup kemungkinan Polres akan meminta bantuan pengamanan dari rekan-rekan TNI,” ujar Choiruddin.

    Menurut Choiruddin, mesti berkategori rawan, pihaknya optimistis, situasi bisa dikendalikan. Ia mengajak semua pihak agar bersatu menciptakan suasana damai.

    Baca juga:  Kejari dan Polres Bintuni Berhasil Mediasi Kasus Penganiayaan-KDRT Lewat RJ

    “Pesta demokrasi merupakan pesta rakyat, maka ciptakan pesta yang bermartabat, jangan pernah sakiti hati rakyat, nanti Tuhan marah. Pilihan boleh beda namun memiliki satu tujuan yakni membangun NKRI,” tegasnya.

    Choiruddin juga menekankan untuk seluruh anggotanya agar bersikap netral dalam momentum pesta demokrasi lima tahunan ini. Ia berjanji akan bertindak tegas terhadap anggota yang tidak netral.

    Di waktu yang sama, Komandan Kodim 1806 Teluk Bintuni, Letkol Arh Patrick Arya Bima menyampaikan pada prinsipnya TNI beserta jajarannya siap membantu penyelenggara dalam menghadapi Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

    Sehingga pihaknya mengajak kepada seluruh elemen warga Teluk Bintuni bersama-sama TNI-Polri untuk tetap menjaga Kamtibmas. Karena berbicara Kamtibmas semua memiliki peran yang sama.

    Baca juga:  PAN Teluk Bintuni Suarakan Pemilu Damai: Jangan Ada Polarisasi

    Hal serupa seperti yang dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni. Melalui Kasi Pidum, Boston Siahaan, yang juga selaku koordinator Gakkumdu penanganan tidak pidana Pemilu.

    “Jadi intinya bila terjadi perselisihan yang mengarah tindak pidana pemilu, peran kejaksaan berada di Gakkumdu,” jelasnya.

    Selain mendengarkan pesan dan arahan yang disampaikan oleh Forkopimda, kegiatan juga dilanjutkan dengan penyampaian kesiapan menyambut pesta demokrasi, yang disampaikan Sekretaris KPU Teluk Bintuni, Said Musa’ad.

    Said Musa’ad mengungkapkan sejauh ini untuk seluruh kesiapan mengenai tahapan hingga pelaksanaan pesta demokrasi mendatang telah dinyatakan siap. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat, tokoh adat, agama, pemuda, perempuan agar benar-benar dapat membantu pihak penyelenggara untuk memberikan informasi pendidikan politik yang benar kepada warganya. Sehingga Pemilu serentak dapat berjalan sesuai dengan koridornya, jujur, adil dan bermartabat.

    Baca juga:  Jelang Kedatangan Presiden Jokowi di Bintuni, TNI-Polri Kerahkan 600 Personel

    Selanjutnya arahan mengenai tugas dan fungsi Bawaslu Teluk Bintuni yang disampaikan oleh Ketua Devisi Penanganan Pelanggaran dan Informasi Bonefasius Weretma. Kata dia, tugas dan fungsi Bawaslu sejauh ini telah melakukan pengawasan tahapan pemilu.

    Ia pun berharap agar seluruh peserta pemilu dalam masa kampanye benar benar mengunakan waktu secara baik, tanpa mengindahkan rambu-rambu atau aturan yang telah ditetapkan dan diketahui bersama.

    “Bila tahapan dan rambu-rambu tersebut dapat diikuti dengan baik, maka harapan besar kita bersama untuk pemilihan umum bermartabat, jujur dan adil dapat terwujud,” tegasnya. (LP5/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...