27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Curhat Rumkorem Kader PDIP Manokwari yang Mendadak Mundur: Kami tak Dihargai

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Sejumlah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan mundur dari kepengurusan partai menjelang Pemilu 2024. Salah satunya adalah mantan Wakil Ketua Bappilu PDIP Manokwari Abraham Y Rudolf Rumkorem.

    Abraham Rumkorem meninggalkan PDIP dan memilih bergabung ke Partai Golkar. Ia menuturkan alasan pengunduran dirinya dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

    “Saya memilih mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua Bapilu dan pengurus DPC PDIP dan bergabung ke Partai Golongan Karya. Ada alasan prinsipil,” kata Abraham Y, Sabtu (13/5/2023)

    Abraham merupakan kader senior PDIP. Sejak kurang lebih 7 tahun ia menjabat Wakil Ketua Bidang Bapilu DPC PDIP Kabupaten Manokwari.

    “Sudah memasukan surat pengunduran diri yang kami ajukan ke DPP, bahkan sudah dikeluarkan dari grup Whatsaap PDIP,” kata Rumkorem.

    Kata Dia, keputusan tersebut diambil meskipun dengan berat hati. Ia mengaku mencintai PDIP, tapi tak lagi sejalan dengan kebijakan internal partai.

    Baca juga:  Maju di Pileg 2024, Pengusaha Migas Sugandi: Saya Ingin Mengabdi untuk Bintuni

    “Karena di Partai Golkar kita masih ada rasa kekeluargaan bahkan kita lebih dihargai. Bahkan saya baru masuk bisa langsung diterima sebagai wakil ketua bidang pemenang Pemilu DPC Partai Golkar, padahal saya orang baru, kalau di partai lama untuk mendapat jabatan ini butuh waktu dan proses yang panjang,” tuturnya.

    Selain itu kebijakan internal partai yang ia anggap tidak menghargai kader yang berproses sejak lama di PDIP.

    “Kita sayang partai, selama di PDIP kita makan tidak makan tetapi tetap kita bangga berada di PDIP, namanya kebijakan internal yang tidak berpihak pada Kader. Kami kader lama tapi tsk dihargai,” katanya.

    Dia mengungkap sekitar 70 kader partai PDIP secara berangsur mengundurkan diri dari kepengurusan. Selain kepala badan saksi DPC PDIP, Sekertaris PAC Distrik Prafi, ada juga Bendahara PAC Distrik Mansi

    Baca juga:  Tanggapi Larangan Peliputan, Ketua DPRK Kaimana Tegaskan Sidang Paripurna Terbuka untuk Umum

    “Kebijakan partai memasukan orang baru masuk ke daftar caleg namun kita yang kader lama sekitar 70 orang tidak diakomodir. Termasuk kawan saya dulu menjabat sebagai Badan Saksi Nasional DPC PDIP Manokwari,” tuturnya.

    Mereka yang baru direkrut ini merupakan kader baru yang diakomodir masuk caleg di PDIP. Hanya sebagian kecil kader lama yang dimasukan sebagai caleg.

    Sekretaris DPC PDIP Manokwari Rahman Manganti membenarkan sejumlah kader partai keluar dari PDIP Manokwari. Rahman menyebut, pendaftaran sebagai caleg di partai itu dari Bulan Maret 2023

    “Yang mendaftar sampai 200 persen dari jumlah caleg, kemudian disaring lagi sehingga kita di PDIP itu hasil pencalonan dan penjaringan dilaporkan ke Jakarta. Hasilnya disampaikan kembali dari DPP ke kita di daerah, hasilnya tidak terakomodir 100 persen. Bahkan saya punya Ketua Bappilu Abraham Rumkorem dan Ketua Badan Saksi Nasional DPC PDIP Muzair, juga tidak terakomodir sebagai caleg,” katanya, Sabtu (13/5/2023).

    Baca juga:  Mendagri: Pemerintah Daerah Berperan Ciptakan Pemilu Damai dan Berkualitas

    Rahman menyebut bahwa, partai kemudian memberikan ruang atau kesempatan kepada para kader sebelum DCS dari KPU keluar , mereka mencari partai.

    “Ada yang ke Golkar, PAN, PKS jadi itu betul,” katanya.

    Rahman membantah bahwa kader yang keluar berkisar 70 Orang seperti yang disebutkan oleh Abraham Rumkorem.

    “Tidak sampai 70 Orang, sekitar 30 orang itu ketua bapilu, badan saksi dan sebagian dari DPC,” ucapnya.

    Meski demikian Rahman menyebut partai yang di pimpin oleh Bupati Manokwari itu menargetkan 8 kursi di DPRD Manokwari. (LP2/red) 

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...