28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Bupati Mansel Minta BPBD Papua Barat Percepat Penanganan Darurat di Kampung Tobou

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Bupati Manokwari Selatan Markus Waran meninjau kondisi Kampung Tobou, Distrik Ransiki, usai diterjang banjir malam tadi. Markus Waran meminta masyarakat tetap waspada sebab banjir susulan masih memungkinkan terjadi.

    “Kita butuh penanganan darurat secepatnya. Setidaknya ada upaya jangka pendek untuk mencegah banjir tidak meluas,” ujar Waran saat berada di titik lokasi banjir Kmapung Tobou, Minggu sore (7/4).

    Seperti diketahui, banjir menerjang sejumlah kampung di Ransiki sejak dia hari terakhir. Banjir disebabkan oleh meluapnya Kali Mati.

    Baca juga:  Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    Waran menyebut akibat banjir sejumlah fasilitas umum terendam. Di antaranya beberapa sekolah SD, 2 gedung SMP, dan 1 satu gedung SMA.

    “Saat ini pemerintah daerah sudah berupaya menangani dengan keterbatasan yang ada. Tetapi apabila banjir masih terus berlanjut maka kita akan menyampaikan kepada pemerintah provinsi untuk melakukan penanganan darurat,” jelas Waran.

    Sementara itu Kepala BPBD Papua Barat Derek Ampnir mengatakan tim reaksi cepat BPBD telah berada di lokasi.

    Baca juga:  Saksi Golkar Kembali Pertanyakan Rekapitulasi Suara Dapil 1 Manokwari  

    ”Sejak menerima laporan banjir, BPBD  melalui Pusdalops telah menugaskan tim reaksi cepat untuk melakukan assesment kerusakan dan kerugian akibat bencana banjir. Tim kita mndampingi BPBD Kabupaten Mansel menyelesaian administrasi pendukung penanggulangan darurat bncana,” terang Derek.

    Derek memastikan, bantuan darurat akan segera disalurkan ke wilayah terdampak.Pengerahkan mobil tangki untuk melakukan pembersihan di rumah rumah warga yang terdampak.

    “Laporan yang kami terima dari tim alat berat yang sudah ada di lokasi banjir untuk menangani kebutuhan darurat, pembersihan rumah dan fasilitas umum yang terdampak banjir. Kami juga kirim tangki air berish kw rumah warga yang terdampak banjir,” terang Derek.

    Baca juga:  Bupati Mansel Sampaikan Apresiasi dan Doa untuk Tokoh-tokoh Pemekaran

    Pihaknya juga sedang menginventarisir bantuan yang akan diberikan.

    “Saya baru pulang dari Pusdalop untuk memonitor di lapangan dan sudah laporkan ke gubernur. Kami akan segera tangani minimal bantuan darurat. Kita pasti bantu. Besok subuh saya akan pantau langsung ke lapangan,” kata Derek.

    (LP11/ Red).

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...