27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Ingatkan Kepala Kampung Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menegaskan pentingnya menjaga netralitas menjelang Pemilu 2024 kepada para kepala kampung.

    Hal ini disampaikannya saat pelantikan 13 kepala kampung pergantian antarwaktu (PAW) dan 365 anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) dari 73 kampung periode 2023-2029.

    Hermus meminta para kepala kampung untuk fokus pada tugas mereka dalam memastikan semua warga yang memenuhi syarat menjadi pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

    Baca juga:  353 Ketua RT/RW Dapat Insentif dari Pemkab Manokwari

    Ia mencatat bahwa masih banyak masyarakat yang belum mendaftarkan diri sebagai pemilih. “Itu menyebabkan DPT (daftar pemilih tetap) kita menurun tidak seperti biasanya,” ujarnya saat pelantikan di Gedung Serba Guna (GSG) Gereja Maranatha, Manokwari, Senin (11/9/2023).

    Pemilu 2024, kata dia, akan berbeda dari tahun sebelumnya karena akan menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) sebagai basis data pemilih. Oleh karena itu, satu KTP tidak dapat digunakan di tempat pemilihan (TPS) yang berbeda.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Minta Seluruh OPD Tingkatkan Penyerapan DAK Fisik

    Selain itu, Hermus juga memberikan peringatan tentang upaya partai politik (parpol) yang mencoba memengaruhi kepala kampung dalam pemilihan.

    “Akhir-akhir ini mulai banyak partai politik yang menggunakan atribut partai memaksa kepala kampung untuk memilih. Kepala kampung yang terbukti menuruti kemauan partai tertentu, maka saya akan blacklist program-program usulan,” tuturnya.

    Baca juga:  18 Rumah Terdampak Pengembangan Bandara Rendani, Bupati Manokwari Temui Warga

    Hermus mengingatkan kepala kampung untuk selalu mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mereka diharapkan menjadi garda terdepan pemerintah daerah dalam memberikan pembinaan yang baik kepada masyarakat.

    Ia juga menyampaikan bahwa netralitas adalah kunci dalam memastikan integritas dan keadilan pada Pemilu 2024 nanti. Kepala kampung diharapkan akan memainkan peran penting dalam menjaga proses demokratisasi yang sehat dan adil. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...