27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    BI Papua Barat Gelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik Dorong Perkembangan UMKM dan Pariwisata

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menggelar kompetisi karya tulis jurnalistik BI 2024, dengan tujuan mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), ekonomi kreatif, dan pariwisata.

    Lomba ini merupakan bagian dari agenda TORANG Creative dan Ecotourism Festival 2024 yang akan berlangsung pada 18-19 Mei 2024 di halaman lapangan Kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat Daya (PBD).

    Dalam festival tersebut, akan diadakan pameran UMKM, pergelaran fashion show oleh Batik Kasuari, talkshow tentang ekowisata, business matching antara pelaku bisnis dan calon mitra usaha/UMKM, kuis interaktif, atraksi budaya, fun walk, sosialisasi dan edukasi, doorprize, serta zumba.

    Adapun perlombaan yang diselenggarakan meliputi kompetisi foto, video, esports (Mobile Legends), tarian, dan karya tulis/jurnalistik. Lomba ini terbuka untuk umum, tetapi fokus pada pemuda-pemudi dan jurnalis media cetak, online, foto, dan video yang berdomisili di Papua Barat dan PBD.

    Baca juga:  Bupati Teluk Bintuni Soroti Persoalan Korupsi dalam Seminar Kejaksaan

    Kepala Perwakilan BI Papua Barat, Rheza Anfasa, menjelaskan tema lomba kali ini bertujuan untuk mengangkat UMKM dan pariwisata di wilayah tersebut, dengan penekanan pada inovasi dan peran generasi milenial untuk mendorong ekonomi kreatif.

    Hal ini sejalan komitmen BI dalam memelihara stabilitas nilai rupiah melalui kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

    Rheza menambahkan peran pers dan media sangat penting dalam mengangkat cerita positif tentang UMKM dan pariwisata, serta dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

    Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi antara BI Papua Barat dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk meningkatkan kapasitas wartawan dalam meliput isu ekonomi dan UMKM.

    Hadiah-hadiah menarik disiapkan untuk para pemenang lomba, termasuk gadget dan hadiah favorit. Peserta diharapkan untuk mengunggah karya tulis mereka di akun Instagram pribadi dengan menandai akun @bank_indonesia_papuabarat.

    Kriteria karya tulis termasuk orisinalitas, panjang minimal 1.500 karakter, dan fokus pada pengembangan UMKM dan pariwisata di Papua Barat dan PBD. Karya tulis para peserta agar dikirimkan melalui link https://bit.ly/karyatulisorang dengan format file nama_judul tulisan.

    Baca juga:  Antisipasi Krisis Pangan, Pemprov dan BI Papua Barat Luncurkan GNPIP

    “Jadi untuk menggambarkan tema tersebut, para peserta diharapkan bisa mengangkat UMKM dan pariwisata di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya yang berhubungan dengan inovasi, khususnya bagaimana peran generasi milenial dan generasi z untuk turut serta mendorong ekonomi kreatif, yang tentu dampaknya untuk meningkatkan pariwisata berkelanjutan di tanah Papua,” ujar Rheza dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

    Ketua PWI Papua Barat, Bustam, menyambut baik pelaksanaan lomba ini sebagai upaya konkret dalam pengembangan UMKM dan pariwisata di wilayah tersebut. Ia juga mengapresiasi peran BI dalam melibatkan PWI sebagai dewan juri, serta mengharapkan partisipasi aktif dari para jurnalis untuk menghasilkan karya terbaik.

    “Kami PWI sangat berterima kasih dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena merupakan sebuah dorongan nyata dan wujud perhatian dari semua pihak, termasuk Bank Indonesia bersama mitra organisasi pers di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya. Kami memandang bahwa hal ini sangat penting untuk dilaksanakannya sebuah lomba karya tulis yang dapat mendorong dan menggairahkan kembali semangat berwisata dan menonjolkan UMKM lokal bersama para jurnalis,” ujarnya.

    Baca juga:  Diplot Partai NasDem, Dominggus Mandacan Maju Caleg di DPR RI

    Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Papua Barat, Adrian Kairupan, menekankan pentingnya kompetisi ini sebagai wujud dukungan terhadap UMKM dan persiapan anggota PWI menuju Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024.

    Dia berharap kompetisi ini tidak hanya mendorong perkembangan ekonomi dan pariwisata, tetapi juga mengasah kemampuan jurnalis dalam menulis ide-ide kreatif dan informatif.

    “Tentu menjadi harapan bisa bersama melahirkan referensi dalam menonjolkan hasil-hasil UMKM di daerah yang nantinya dapat menopang para pelaku-pelaku ekonomi di tanah Papua,” ucapnya. (*/red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...