25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Bawaslu Teluk Bintuni Perpanjang Perekrutan Calon Pengawas TPS hingga Hari ini

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.Com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Teluk Bintuni memperpanjang masa perekrutan petugas pengawas TPS untuk Pemilu 2024. Perpanjangan berakhir, Senin hari ini (8/1/2024).

    “Waktu perekrutan sendiri ada masa perpanjangan yakni tanggal 7-8 Januari 2024. Kita berharap mendapatkan calon pengawas TPS yang sesuai kriteria,” ujar Ketua Bawaslu Teluk Bintuni, Sopiah Tokomadoran, Senin (8/1/2024).

    Baca juga:  Polres Teluk Bintuni Buka Hotline Aduan Polisi Nakal

    Adapun kriteria yang dimaksud Sopiah yakni pendaftar tidak boleh terafiliasi dengan parpol. Pengawas TPS adalah figur yang independen.

    Menurut Sopiah, jumlah calon pengawas yang akan direkrut disesuaikan dengan jumlah TPS yang tersebar di Kabupaten Teluk Bintuni. Yakni ada total 280 TPS.

    “Jadi satu TPS satu petugas pengawas,” jelasnya.

    Baca juga:  Jadi Potensi Alam Terbesar, Papua Barat Komitmen Pertahankan Hutan

    Menurutnya selain tugas dengan fungsi, Bawaslu secara berjenjang hingga petugas pengawas di tingkat TPS, merupakan ujung tombak sebagai pengawas Pemilu. Sehingga harus benar-benar independen.

    Sopiah juga menjelaskan, untuk perekrutan petugas pengawas TPS, para pendaftar diutamakan mereka yang berdomisili di daerah tersebut. Tujuannya agar memudahkan proses pendaftaran.

    Baca juga:  Masyarakat Suku Sebyar Tuntut Pembayaran Hak Ulayat Tahap Kedua Rp16,2 Miliar 

    “Mereka bisa secara langsung mendatangi kantor sekretariat Bawaslu yang berada di setiap Distrik di Kabupaten Teluk Bintuni. Tentu dengan membawa berkas yang sudah dipersyaratkan,” jelasnya.

    Untuk syarat yang harus dilengkapi, seperti kartu tanda pengenal (KTP), ijazah terakhir dan surat keterangan kesehatan yang dikeluarkan oleh puskesmas setempat.(LP5/Red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...