28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Atasi Kesenjangan Sosial, Pemprov Papua Barat Butuh Keselarasan Anggaran  

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Asisten Perekonomian Papua Barat Melkias Werinusi mengatakan, pembangunan kesejahteraan sosial akan bermuara pada peningkatan kesadaran masyarakat yang masuk dalam kelompok penyandang masalah kesejahteraan (PMKS). Jika di level ini mampu dilakukan perbaikan, maka jalan menuju kesejahteraan akan lebih terarah.

    “Yang masuk dalam kriteria PMKS adalah kelompok marginal seperti kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Kelompok ini menjadi fokus perbaikan agar terwujud kesejahteraan sosial yang setinggi-tingginya,” ujar Melkias

    Baca juga:  MKKS Protes ke Kemendagri, Minta Kewenangan Pengelolaan SMA/SMK Tetap di Provinsi

    dalam Rapat Koordinasi Data Kesejahteraan Sosial Tingkat Provinsi se-Papua Barat 2024 di Manokwari, Rabu (24/4/2024).

    Menurut Werinusi, hal ini sejalan dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah Provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Artinya kata dia, masalah kesejahteraan sosial bisa dibenahi jika terjadi keselarasan di semua tingkatan pemerintahan.

    Baca juga:  Covid Teluk Bintuni Hari ini: Ruang Isolasi Nol Pasien, Vaksin Sentuh 26%

    “Pembagian urusan ini harus berdasarkan Eksternalitas, Akuntabilitas, Efisiensi serta memperhatikan keserasian hubungan antara tingkat pemerintah”, ujarnya.

    Ia menjelaskan kebijakan dalam penganggaran pemerintah Provinsi Papua Barat Tahun 2020 – 2025 akan didasarkan pada faktor-faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

    Baca juga:  Hari Juang TNI AD, Pangdam Kasuari Pimpin Aksi Tanam Pohon di Manokwari

    “Indikator dalam mendistribusikan anggaran untuk setiap daerah didasarkan pada skala prioritas yang ditetapkan dalam rencana kerja pembangunan pemerintah Provinsi Papua Barat”, ujarnya.

    Karenanya, Melkias mengajak semua pihak yang hadir dalam Rapat Koordinasi agar bersama-sama mewujudkan visi pemerintah Papua Barat yaitu, Menuju Papua Barat Yang Aman, Sejahtera Dan Bermanfaat.(LP12/Red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...