27.9 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Ali Baham Ingatkan Peran Distrik-Kampung di Mansel sebagai Kunci Pembangunan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere berkunjung ke Kabupaten Manokwari Selatan pada Jumat (15/12/2023). Ali Baham mengingatkan pemda bahwa distrik dan kampung adalah kunci pembangunan.

    “Karena itu hubungan silaturahmi, harmonisasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten, distrik dan juga kampung perlu dijaga. Ini adalah kekuatan yang besar bagi pembangunan,” ujar Ali Baham saat bersilaturahmi dengan jajaran forkopimda Mansel.

    Ali Baham di kesempatan itu juga memimpin apel gabungan. Ia mengatakan silaturahmi ini sangat, penting. Karena saling mengenal antara pemprov dan pemda hingga ke tingkat distrik dan kampung sangat menentukan proses pembangunan.

    Baca juga:  Tingkatkan Produk Pangan Lokal, Dinas Ketapang Papua Barat Gelar Pangan Lokal Aman

    “Kata orang bijak tentunya tak kenal maka tak sayang,” ucap Ali Baham.

    Ali Baham lalu memaparkan bagaimana filosofi terbentuknya Manokwari Selatan. Kata dia, Kabupaten Manokwari Selatan lahir untuk memakmurkan rakyat. Karenanya, ini harus direfleksikan bersama.

    “Setelah kabupaten ini terbentuk dengan syarat-syaratnya maka kita berharap tidak ada lagi ancaman, serangan dan rongrongan dari luar maupun dari dalam. Dari luar itu, batas wilayah kita tidak boleh lagi ada dari luar serang-serang kita di sini,” jelasnya.

    Baca juga:  Hening Cipta Apel Gabungan Pemprov Papua Barat, Kenang Tiga Rekan ASN yang Berpulang

    Menurut Ali Baham, semua harus dalam keadaan aman. Tidak boleh lagi ada dari dalam kemudian menghasut sehingga penyelenggaraan pemerintahan tidak bisa berjalan dengan baik.

    “Ini pertama, berhubungan dengan keamanan,” katanya.

    Kedua berhubungan dengan tertib. Yakni tertib administrasi dan hukum.

    “Kalau ada masalah antar orang perorang maupun keluarga harus di proses secara tertib dan hukum, tidak boleh dengan cara-cara tidak tertib menurut hukum. Itu pentingnya, ada kepolisian, satpol, kejaksaan dan semuanya adalah supaya bagaimana masyarakat bisa tertib,” ucap Ali Baham.

    Baca juga:  50 Tahun Korpri, Dominggus: Tetaplah Tangguh Demi Indonesia

    Setelah keamanan, selanjutnya adalah kesejahteraan. Menurut Ali Baham, sejahtera ini erat kaitannya dengan fungsi pemerintah daerah.

    Ini tanggung jawabnya sampai berjenjang hingga ke tingkat kampung. Semua bertanggung jawab menghadirkan kesejahteraan.

    “Oleh karena itu, dari aspek pembangunan tentunya kita sudah bisa melihat perkembangan di sini baik dari bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan semuanya,” tutupnya. (LP10/red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...