oleh

56 Peserta Ikut MTQ Unipa, Gubernur: Ini Lomba, tapi Jaga Persaudaraan

MANOKWARI,Linkpapua.com -Dalam rangka menjaring bibit unggul sebagai kafilah (kontingen) untuk persiapan menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional, Universitas Unipa menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pertama tingkat Perguruan Tinggi Se Papua Barat pada Selasa (8/6/2021). Universitas Papua (Unipa) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa pertama tingkat perguruan tinggi se-Papua Barat (PB). Diikuti 56 peserta dari sejumlah kampus.

Pelaksanaan kegiatan ini mengusung tema, MTQM PB sebagai Penguat Ukhuwah Islamiah dalam Membentuk Generasi Muda Qur’an Menuju Papua Barat yang Aman, Sejahtera, dan Bermanfaat.

Dalam sambutan Gubernur Papua Barat yang dibacakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Papua Barat, Abdul Fatah, menyampaikan Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan.

“Al-Qur’an adalah instrumen penting umat Islam untuk keluar dari fase kegelapan menuju fase terang benderang. Al-Qur’an menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akhirnya menghasilkan kemajuan bagi manusia,” katanya.

Abdul Fatah melanjutkan, “Takwa merupakan sarana mulia yang dituntun dalam Al-Qur’an. Tuntutan ini bentuk bertakwa dan berkepribadian mulia, sehat jasmani, rohani serta bertanggung jawab. Meskipun ini perlombaan, tetapi tetap menjunjung tinggi persaudaraan dan silaturahmi.”

Sementara itu, Rektor Unipa, Meky Sagrim, mengapresiasi pelaksanaan MTQ Mahasiswa yang baru pertama kali dilaksanakan ini. “Unipa merupakan perguruan tinggi sehingga memiliki tanggung jawab menjadi pembina bagi perguruan tinggi lainnya di Papua Barat. Ini merupakan tantangan besar membangun manusia yang memiliki karakter untuk keimanan yang kokoh dan menyiapkan mahasiswa. Kegiatan ini harus terus berlanjut untuk mewujudkan perguruan tinggi yang berdaya saing,” jelas Rektor.

Dalam pelaksanaannya yang pertama ini diikuti sejumlah perguruan tinggi di Papua Barat, seperti Universitas Muhammadiyah Sorong, IAIN Sorong, STIA Fakfak dengan jumlah peserta 56 orang yang melombakan 7 jenis lomba. (LP3/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini