27 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27 C
Manokwari
More

    Warga Manimeri Blokir Jalan, Poros Bintuni-Kantor Bupati Lumpuh Sejam Lebih

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com- Puluhan warga memblokir jalan di poros Kampung Waraitama sp1, Distrik Menimeri, Rabu (27/10/21). Warga memblokir jalan dengan memasang pohon besar membujur di badan jalan.

    Pemalangan ini menyebabkan arus lalu lintas lumpuh di sepanjang jalur dari Bintuni menuju perkantoran Bupati SP 3, Distrik Manimeri. Aksi ini diduga dipicu oleh peristiwa lakalantas di wilayah itu.

    Wakapolres Teluk Bintuni Kompol H Muhammad Salim Nurlily mengonfirmasi,
    seorang pengendara sepeda motor menabrak pejalan kaki, yang merupakan warga setempat. Warga Kampung Atibo.

    “Kejadiannya sekitar pukul 11.30 Waktu Indonesia Timur. Dari insiden tersebut ada seorang yang menjadi korban. Kebetulan dia salah satu tokoh masyarakat atau kepala suku dari warga Kampung Atibo,” terang Salim.

    Baca juga:  Fauziah Umlati: PAUD Bukan Hanya Soal Mendidik, Tapi Juga Perlindungan Hak Anak

    Ia menjelaskan, korban ditabrak pengendara sepeda motor. Pelaku tabrakan dilaporkan seorang ASN yang bertugas Pemkab Bintuni.

    “Kronologisnya, pelaku hendak menuju ke arah kota dari arah Kantor Bupati. Pas di turunan jalan, ia menyerempet korban. Karena merasa ketakutan, pelaku melarikan diri,” paparnya.

    Karena tak berhasil mengamankan pelakunya, sekelompok pemuda setempat langsung melakukan aksi pemalangan jalan. Mereka menebang pohon besar dan menaruhnya melintang di tengah jalan.

    Wakapolres juga menyebut sempat terjadi perusakan sepeda motor di TKP. Warga merusak sepeda motor seseorang yang kebetulan melintas dan hendak menolong korban.

    “Korban saat ini masih dalam keadaan sehat dan sudah dibawa pulang kembali ke rumah karena hanya ada luka pada pelipis sebelah kanan,” ucap Wakapolres.

    Baca juga:  Dari News Cafe di Sorong: Saat Jurnalis Dituntut Jeli Membaca Data

    Kepolisian sendiri tiba di TKP sekitar pukul 11.45 WIT dan langsung melakukan negosiasi dengan masyarakat, agar mereka mau membuka jalan. Negosiasi sempat alot. Pasalnya warga meminta agar polisi menghadirkan pelaku di TKP.

    “Namun kami yakinkan masyarakat bahwa pelaku akan kami amankan dalam kurun waktu kurang dari 2 jam. Kami sampaikan ke warga bahwa saat ini anggota sudah menjemput pelaku dan mengamankannya di Polres. Untuk selanjutnya akan dilakukan mediasi terkait penyelesaian masalah Lakalantas tersebut,” papar Wakapolres.

    Akhirnya masyarakat bersedia membuka palang. Kepolisian lalu mulai mengurai kemacetan.

    Obet Iba, Sekertaris Desa Atibo Distrik Manimeri, menyampaikan, warga di Bintuni ini pada prinsipnya ingin bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban daeerah.

    Baca juga:  Razia Satlantas di Manokwari, Mobil Dinas Berplat Palsu Terjaring

    Kitorang ini sebenarnya tidak ingin hal seperti ini terjadi, kita maunya menjaga situasi keamanan dan ketertiban di kitong PU daerah,” ungkapnya.

    Berkaitan dengan insiden yang dipicu minuman keras, ia meminta pemerintah daerah bersama pihak keamanan agar keberadaan miras di Bintuni ditutup. Baik itu yang dijual di kios-kios kecil sampai ke agen atau distributor induknya.

    “Saya ingin meminta maaf pada pengusaha kelontongan bila berkenan barang sembako aja yang dijual, untuk miras itu ditutup saja, supaya kitong pu masyarakat ini menjadi rasa nyaman, dan ke depan kita sama-sama menjaga, miras ini harus ditutup,” tegasnya. (LP5/red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...