25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Warga Ingin Aktivitas Tambang Emas di Wasirawi Berjalan Lagi

    Published on

     

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Masyarakat pemilik hak ulayat di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Manokwari berharap aktivitas pertambangan emas di kawasan tersebut bisa kembali berjalan. Mereka juga meminta tidak ada lagi pihak yang sengaja menebar ketakutan di masyarakat.

    Wakil Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Masni, Markus Wam menilai, setelah penertiban oleh aparat kepolisian pekan lalu, tambang emas saat ini vakum. Menurutnya, ada pihak-pihak yang sengaja menebar ketakutan agar tambang tak beroperasi seperti sediakala.

    Baca juga:  Tiga Kabupaten di Papua Barat Terima Opini WTP dari BPK

    “Kita harapkan tidak ada pihak-pihak yang sengaja mengancam mengatasnamakan kepala suku yang justru membuang isu,” ujar Wam melalui rilis yang diterima media ini Rabu (13/9/2023).

    Dijelaskannya, masyarakat pemilik hak ulayat meminta aktivitas tambang yang dikerjakan oleh masyarakat tersebut kembali berjalan. Wam menyebut, masyarakat harus diberikan hak-haknya.

    Baca juga:  Kabar Baik! Sebentar Lagi Pengurusan SIM Bisa Dilakukan di Polres Mansel

    “Ini merupakan tanah kita yang sudah diberikan Tuhan. Apa salahnya kita mengelola itu secara tradisional. Selama ini masyarakat juga minim perhatian dari pemda sehingga mereka berusaha sendiri. Masyarakat hanya ingin mengelola apa yang menjadi haknya,” tambah dia.

    Baca juga:  Warga Minta Kepolisian Setop Penertiban Tambang di Distrik Masni

    Wam pun menegaskan tidak ada pekerja asing yang mengelola kawasan tambang emas tersebut.

    “Sampai saat ini tidak ada orang asing yang terlibat dalam pertambangan itu. Kami jamin itu,”tegas dia.

    Belum lama ini terjadi penyisiran oleh aparat keamanan terhadap aktifitas di sana. Alhasil aktivitas penambangan oleh masyarakat sementara terhenti.(LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...