28 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28 C
Manokwari
More

    Wabup Sebut RPJMD Teluk Bintuni Merepresentasi Semua Kepentingan

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop mengatakan, pemerintah daerah saat ini sedang melakukan penyusunan RPJMD yang lebih komprehensif. RPJMD diharapkan mengakomodir semua kepentingan di Bintuni.

    “Rencana pembangunan daerah harus adaptif, aspiratif dan mampu menjadi rujukan pelaksanaan pembangunan di daerah. Kita sedang berada di era otonomi daerah. Tantangan pembangunan harus kita jawab secara mandiri,” terang Wabup saat membuka musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) RPJMD, Rabu (8/12/2021).

    Menurut Matret, rencana pembangunan daerah disusun tidak hanya berdasarkan potensi, unggulan dan kemampuan, tetapi juga harus mampu bersinergi dengan rencana pembangunan nasional.

    Baca juga:  Teluk Bintuni Target Prevalensi Stunting Turun Jadi 23,5 Persen pada 2023

    Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang harus disiapkan oleh pemerintah daerah 2021-2026. Isi RPJMD ditekankan mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan dokumen perencanaan yang transparan, akuntabel, aspiratif, tepat dan terarah.

    Oleh karena itu, kata Matret, penyusunan RPJMD ini harus dapat memberikan gambaran secara jelas. Di mana visi, misi, tujuan dan strategi serta arah kebijakan pembangunannya sejalan dengan janji kepada masyarakat.

    “Titik kritis dalam penyusunan RPJMD ini adalah bagaimana mendorong terbangunnya keserasian terkait proses, konteks dan konten dalam penyusunan dokumen perencanaan tersebut,” paparnya.

    Baca juga:  Bupati Teluk Bintuni Sebut Daerah Masih Bergantung Dana Transfer

    Matret mengemukakan, dalam proses penyusunan RPJMD dan Renstra Perangkat Daerah perlu memperhatikan banyak aspek. Pertama melakukan setiap tahapan yang intensif, efektif dan efisien terkait proses. Harus tepat waktu dan berkualitas.

    “Renstra agar mengacu pada pencapaian visi dan misi RPUMD yang merupakan visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih.

    Selain itu dokumen tersebut juga menjawab tiga pertanyaan dasar yaitu, ke mana daerah diarahkan pengembangannya, apa yang akan dicapai 5 tahun mendatang, bagaimana mencapainya dan langkah strategi apa yang perlu dilakukan agar tujuan tercapai,” jelasnya.

    Baca juga:  Bawaslu Papua Barat Kabulkan Gugatan Bakal Calon Anggota DPD RI Suyanto

    Kepala Bidang Pengembangan dan Penelitian Bapelitbangda Teluk Bintuni Yusuf Isir menyebutkan, RPJMD ini menjadi cerminan penting. RPJMD senantiasa sejalan dengan arah kebijakan dalam program pembangunan daerah yang telah dirumuskan.

    Kegiatan direncanakan diselenggarakan selama 2 hari. Dihadiri peserta sebanyak 100 orang dari semua unsur.

    Yakni Bappeda Provinsi Papua Barat, lembaga Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, kemudian Forkopimda, BUMD, BUMN, Pemerintahan Distrik se-Kabupaten Teluk Bintuni, dan tokoh masyarakat, adat, tokoh pemuda, dan tamu undangan lainnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya telah diverifikasi menjadi...

    More like this

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai...