oleh

Terimbas Proyek Bandara, Kawasan Pemakaman di Rendani Direlokasi

MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemkab Manokwari akhirnya melakukan relokasi kawasan pemakaman yang terimbas proyek perpanjangan runway Bandara Rendani, Jumat (16/4/2021). Relokasi makam. Ini dilakukan setelah menemui kesepakatan antara pihak keluarga dengan pemkab Manokwari.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo yang memantau langsung proses pemindahan mengungkapkan, relokasi ini adalah bentuk penghormatan. Sekaligus dilakukan sebagai konsekuensi dari pembangunan.

“Memang ada yang harus dilakukan yaitu pemindahan makam orang tua atau leluhur kita ke tempat yang lebih baik. Kebetulan makam ini juga dekat dengan kali suatu saat bisa terjadi banjir dan perpanjangan runway sehingga keluarga sudah menyetujui dipindahkan di lokasi yang sudah disepakati,” ungkap Edi.

Dikatakannya, pemkab menganggap pemindahan kuburan sebagai solusi terbaik untuk semua pihak.

“Memang sudah seharusnya kita yang masih hidup ini untuk mengurus orang tua atau leluhur kita. Sehingga dengan kesepakatan bersama maka makam yang di Rendani dipindahkan ke Soribo. Biar saat keluarga mau ziarah juga lebih nyaman,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Manokwari M. Situmorang mengatakan, lokasi makam di Soribo sudah disiapkan. Pihaknya juga telah membuat liang berjumlah 66 sesuai dengan jumlah kuburan di Rendani.

Sesuai dengan pantauan, proses pemindahan dilakukan dengan melibatkan sejumlah OPD. Dalam pemindahan tersebut tampak keluarga juga memadati lokasi pemindahan makam.(LP3/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini