28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Syahrul Refideso, Siap Edukasi Publik Menuju Pemilu Berkualitas di Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com–Syahrul Refideso terpilih mewakili Kabupaten Manokwari sebagai peserta Sekolah Kader Partisipatif Pemilu (SKPP) tingkat lanjut di Bogor, Jawa Barat. Syahrul mengungkapkan kesiapannya menjadi agen Pemilu berkualitas di Manokwari.

    “Bangga sekali tentunya saat saya tahu nama saya yang terpilih untuk mengikuti SKPP tingkat lanjut mewakili Kabupaten Manokwari. Tidak henti-hentinya bersyukur, berkat usaha dan doa orang tua yang sangat-sangat mendukung penuh saya,” ujar Syahrul.

    Syahrul sendiri terpilih mewakili Manokwari usai melewati banyak fase. Langkahnya ia awali dengan terpilih menjadi peserta terbaik SKPP tingkat dasar di Manokwari.

    Baca juga:  KPU Manokwari: PSU di 7 TPS Berjalan Lancar dan Kondusif

    Selanjutnya ia terpilih ke tingkat menengah di Sorong. Di fase ini Syahrul kembali membuktikan kapasitasnya. Sampai ia didapuk mewakili Manokwari ke tingkat lanjut di Bogor.

    Syahrul mengaku banyak pelajaran penting yang didapatkannya selama mengikuti kegiatan SKPP ini. Bukan hanya tentang materi yang diberikan oleh narasumber, tetapi juga pentingnya waktu dan persahabatan (relasi nasional).

    “Mengapa saya katakan seperti itu karena di sana kami ditempa bagaimana caranya mengatur waktu. Tiap hari, tiap waktu kami dididik, diberi bekal ilmu hampir tiada waktu tanpa belajar. Dengan membagi waktu istirahat salat, makan dengan waktu sepadat-padatnya itu harus pandai-pandai. Yang paling penting di tempat ini saya dapat menjalin persahabatan dalam gaung nasional. Sesuatu hal yang luar biasa bagi saya,” tuturnya.

    Baca juga:  Kedua Kali Waterpauw Disambut Tarian Adat sebagai Pj Gubernur Papua Barat

    Meski pendidikannya terbilang singkat, namun menurut Syahrul, sangat menginspirasi. Di tempat itulah ia mendapatkan pengetahuan bagaimana menjalin komunikasi dengan orang yang berbeda latar belakang.

    “Akhirnya saya bisa membentuk jaringan komunikasi dengan teman-teman dari daerah yang lain. Kita dapat menjalin kerja sama dari ilmu yang telah didapat selama pendidikan”, tambahnya.

    Baca juga:  Yonif RK 136 Meyerga Rayakan Jumat Agung Bersama Masyarakat Bintuni

    Menurut Syahrul, tantangan besarnya sekarang adalah mengaplikasikan ilmu itu. Ia dituntut menggaungkan pengawasan partisipatif di dalam masyarakat untuk mempersiapkan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

    Kata dia, para alumni SKPP nanti diberi tugas untuk mengawasi dan mengedukasi publik menghadapi Pemilu dan Pilkada. Misi utama SKPP adalah menciptakan kedewasaan berpolitik di masyarakat. Juga meminimalisir segala bentuk kecurangan.

    Rencananya, awal Desember ini alumni kader SKPP bersama Bawaslu Manokwari akan mengadakan rapat konsolidasi untuk pergerakan dari berbagai program.(LP3/Red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...