27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Postur RAPBD 2021 Diperkirakan Turun 200 Miliar

    Published on

    MANOKWARI- Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Manokwari, Aljabar Makatita mengatakan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2021 akan menurun. Kondisi ini tidak terlepas dari pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang terjadi sejak Maret lalu.

    “RAPBD tahun 2021 akan menurun karena adanya pandemi covid-19. Ini dikarenakan sejumlah pendapatan daerah tidak dapat terealisasi. Sesuai perhitungan DAU menurun otomatis berbeda dengan tahun 2020,”ungkap Makatita belum lama ini (21/2/2020).

    Baca juga:  Galery Foto BPBD Papua Barat Bagi 10.000 Masker Bagi Pengguna Jalan di perempatan Haji Bauw, Sabtu (5/6/21).

    Dikatakannya, sumber pendapatan daerah akan dirasionallan secara menyeluruh agar adanya keseimbangan keuangan daerah. Meskipun begitu porsi anggaran untuk bidang priorotas seperti kesehatan dan pendidikan akan tetap mengacu pada ketentuan.

    Baca juga:  Sebulan Operasi Rutin, Kesadaran Berlalu Lintas Mulai Tumbuh di Manokwari

    “Bisa terjadi penurunan sampe 200 miliar. Agar tidak ada lagi yang kurang bayar dan lainnya. Kalau anggaran untuk kesehatan dan pendidikan porsinya harus tetap sesuai aturan. Kita juga akan menyurat ke pusat berkaitan dengan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang setiap tahun nilainya sama. Padahal sesuai dengan rasio siswa dari tahun ke tahun meningkat. Seharusnya anggarannya juga menyesuaikan,”jelas dia.

    Baca juga:  Penerimaan Taruna Akpol Polda PB 2020, 6 Orang Dinyatakan Lulus Seleksi

    Pemda Manokwari telah mengirimkan materi KUA-PPAS APBD 2020 ke DPRD Manokwari sejak beberapa waktu yang lalu. Tinggal menunggu penjadwalan untuk diserahkan pada sidang paripurna.(LPB3)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan Penindakan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari...

    Operasi Patuh Mansinam Dimulai Hari ini, 7 Pelanggaran yang Jadi Incaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari memulai pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam, Senin hari ini (15/7/2024). Operasi...

    Bupati Apresiasi Peran Ikaswara di Manokwari Dalam Momentum Harlah ke 17 Tahun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda, Jawa, Madura (Ikaswara) Manokwari...