25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Piala AFF 2022: Banyak Buang Peluang, Indonesia Ditahan Thailand 1-1

    Published on

    JAKARTA, LinkPapua.com – Indonesia gagal meraup poin sempurna dalam laga menghadapi Thailand di penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022). Pasukan Garuda bermain seri 1-1.

    Indonesia unggul lewat gol penalti Marc Klok. Thailand menyamakan skor 1-1 berkat gol Sarach Yooyen.

    Indonesia bermain efektif sepanjang laga. Setidaknya, pasukan Shin Tae-yong mampu menciptakan 5 peluang emas. Namun, sayang gagal dikonversi menjadi gol.

    Thailand sendiri harus bermain dengan 10 pemain usai Sanrawat Dechmitr dapat kartu merah menit ke-63. Tapi, kehilangan satu pemain, Thailand justru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-80 lewat Sarach Yooyen. Hasil imbang 1-1 mengakhiri 90 menit.

    Hasil ini bikin Thailand masih berada di puncak klasemen Grup A dengan tujuh poin. Poin mereka sama dengan Indonesia di urutan kedua, tapi unggul selisih gol.

    Baca juga:  Jelang FIFA Matchday, Timnas Indonesia Fokus Penguatan Otot dan Fisik

    Jalannya Pertandingan

    Laga belum genap satu menit Indonesia sudah mengancam. Berawal dari pergerakan Dendy Sulistyawan di sisi kiri, ia memberikan bola ke Egy Maulana. Egy melepas umpan ke tiang dekat yang bisa disontek Witan. Namun, sontekan Witan bisa dibendung Kittipong Phoothawchuek.

    Tim Garuda kembali menekan di menit ke-7. Umpan Egy dari sisi kiri bisa disambar oleh Yakob Sayuri. Tendangan Yakob tampak mengenai tangan Kristsada Kaman. Wasit tapi tak menganggap ini pelanggaran.

    Pada menit ke-18, Indonesia punya kesempatan. Asnawi Mangkualam melepas umpan silang yang bisa ditanduk Dendy. Sundulan Dendy belum berbuah hasil karena jauh dari sasaran.

    Thailand perlahan bisa lepas dari tekanan Indonesia memasuki pertengahan babak pertama. Sepak pojok Theerathon Bunmathan menemui Bordin Phala di tiang dekat. Indonesia selamat dari kebobolan usai tandukan Bodin melambung dari gawang.

    Baca juga:  Kalahkan Nepal 7-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

    Lemparan jauh Pratama Arhan menghadirkan kemelut. Kittipong masih bisa mengantisipasi dengan baik.

    Egy melewatkan kesempatan di menit ke-27. Ia terlambat beberapa detik untuk bisa menyongsong umpan Witan Sulaeman di depan gawang.

    Kittipong bikin kesalahan fatal saat umpannya bisa dipotong Witan di menit ke-38. Namun, ia gagal mencetak gol ke gawang yang sudah kosong. Tembakannya melebar.

    Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

    Selepas jeda, Indonesia langsung menekan. Asnawi menusuk dari sisi kiri ke dalam kotak penalti.

    Penalti! Tembakan Asnawi mengenai tangan dari Theerathon. Wasit langsung menunjuk titik putih.

    Gol! Marc Klok yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan. Tembakannya mengecoh Kittipong. Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-49.

    Baca juga:  Peserta Asal Jawa Timur Juara Lomba Lari 10K Pemprov Papua Barat

    Thailand harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-63. Sanrawat Dechmitr mendapat kartu merah langsung usai melakukan tekel yang berbahaya ke Saddil Ramdani.

    Indonesia terus menekan. Witan dan Asnawi melakukan kombinasi apik di sisi kanan. Namun, tembakan Asnawi menyambut umpan tarik Witan masih melambung.

    Thailand tetap menebar ancaman meski kehilangan satu pemain. Ekanit terbebas di depan gawang, Nadeo Argawinata masih sigap menutup ruang tembak Ekanit.

    Umpan satu dua, Dendy dan Yakob lahirkan peluang. Namun, tembakan Yakob melebar.

    Gol!! Kesalahan umpan pemain Indonesia harus dibayar mahal. Sarach Yooyen punya ruang di depan kotak penalti. Tembakannya sempat membentur Ricky Kambuaya sebelum memperdayai Nadeo.

    Thailand bisa meredam tekanan Indonesia di sisa laga. Skor 1-1 mengakhiri 90 menit. (*/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Usai Rakernas SIWO, PWI Papua Barat Segera Siapkan Atlet di Ajang Porwanas

    JAKARTA, Linkpapua.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI yang diikuti...

    Porwanas XIV 2024, Gubernur Kalsel Siap Sambut Delegasi PWI se-Indonesia

    JAKARTA, Linkpapua.com - Pemprov Kalimantan Selatan bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Selatan memaparkan...

    Gelar Rakerda, Siwo Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat menggelar Rapat...