27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Pemprov Papua Barat Bertekad Wujudkan Ketahanan Pangan Kuat dan Berkesinambungan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua Barat, Mohamad A. Tawakal, menegaskan pentingnya mewujudkan ketahanan pangan yang kuat dan berkesinambungan.

    Tawakal menyampaikan itu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Konsultasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat 2023 – 2024 yang berlangsung di Kabupaten Manokwari, Selasa (23/5/2023).

    Baca juga:  Sekda Papua Barat Harap Pelaksanaan APBD-P 2022 Mulai Pekan Depan

    Dalam implementasi pembangunan ketahanan pangan, Tawakal menekankan tiga komponen utama yang harus dipenuhi. “Ketersediaan pangan yang cukup dan merata, keterjangkauan pangan yang efektif dan efisien, serta dan konsumsi pangan yang beragam dan bergisi seimbang,” ujar Tawakal yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

    Menurutnya, ketiga komponen itu dapat dicapai hingga tingkat rumah tangga dengan meningkatkan taraf hidup petani dan peningkatan kualitas produksi pangan.

    Baca juga:  3 Hari Buka Penjaringan, Puluhan Bacaleg Daftar di PKB Manokwari

    Selain itu, Pemprov Papua Barat perlu memperhatikan lima faktor penopang ketahanan pangan dan swasembada pangan, yakni infrastruktur, riset, teknologi, pendampingan petani, dan akses pasar.

    “Pembangunan ketahananan pangan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan dalam menyediakan pangan bagi seluruh penduduk,” tuturnya.

    Baca juga:  Nicolas Uttung Tike Paparkan Peran Sentral Badan Kesbangpol dalam Agenda Politik

    Untuk mewujudkan hal itu diperlukan strategi pemerintah yang strategis dalam meningkatkan ketahanan pangan. Terlebih, pangan menjadi sektor prioritas bagi pemerintah dalam mengendalikan laju inflasi.

    Tawakal mengatakan, dalam rancangan pembangunan daerah Papua Barat 2023 – 2026, ketahanan pangan menjadi program prioritas yang mendukung kebijakan daerah dalam memenuhi kebutuhan pangan penduduk beragam, bergizi, dan berimbang. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...