28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Lewat Program Pesiar, BPJS Kesehatan-Pemkab Manokwari Sinergi Capai UHC

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – BPJS Kesehatan Cabang Manokwari bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari melakukan langkah strategis untuk meningkatkan keaktifan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan mencapai Universal Health Coverage (UHC) di seluruh kampung di Manokwari.

    Tindakan sinergis ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang penyelenggaraan program Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (Pesiar), Kamis (20/7/2023).

    Program Pesiar bertujuan memetakan masyarakat kampung yang belum terlindungi JKN serta mengidentifikasi masyarakat rentan yang belum menjadi peserta JKN. Selain itu, program ini juga berfokus pada penyisiran masyarakat pekerja sektor formal yang belum didaftarkan pemberi kerja ke dalam program JKN.

    Baca juga:  Temukan Pungli, Suap dan Gratifikasi? Adukan ke "LAPOR"

    Sosialisasi dan advokasi masyarakat desa terkait kepesertaan JKN juga dilakukan untuk memastikan seluruh masyarakat kampung mendapatkan manfaat dari program ini dan menciptakan kondisi kampung yang sehat dan sejahtera melalui UHC.

    “Program Pesiar merupakan suatu upaya untuk memastikan penduduk kampung terlindungi melalui program JKN. melalui kerja sama dengan pihak ketiga, yaitu agen Pesiar yang ditugaskan atas rekomendasi perangkat daerah terkait. Program Pesiar ini juga dilakukan agar suatu kampung dapat tercapai UHC dan seluruh masyarakat kampung ketika mengakses layanan kesehatan sudah dapat dijamin BPJS Kesehatan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Dwi Sulistyono Yudo.

    Baca juga:  KontraS Papua Barat Soroti Minimnya Sarpras Pendidikan di SD Inpres Wau Tambrauw

    Dwi menambahkan masyarakat Kampung Prafi Mulya yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dengan status aktif dan ingin mengakses layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

    Baca juga:  Bupati Manokwari: Pelayanan Maksimal Penentu Kesejahteraan Masyarakat

    “Kami terus memberikan inovasi-inovasi dalam hal mempermudah layanan yang dapat diakses peserta. Salah satunya adalah berobat cukup dengan KTP atau dengan KIS digital sudah dapat dilayani difasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

    Melalui program Pesiar ini, masyarakat di Kampung Prafi Mulya telah terdaftar secara keseluruhan sebagai peserta JKN, menjadikan kampung ini sebagai teladan bagi kampung-kampung lain dalam mencapai UHC. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...