25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    KontraS Papua Barat Soroti Minimnya Sarpras Pendidikan di SD Inpres Wau Tambrauw

    Published on

    TAMBRAUW, Linkpapua.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Perwakilan Papua Barat menyoroti minimnya sarana dan prasarana (sapras) pendidikan di Sekolah Dasar Instruksi Presiden Nomor 36 (SD Inpres 36) Desa Wau, Distrik Abun, Kabupaten Tambrauw.

    “Tujuh puluh tujuh tahun sudah Indonesia merdeka, tentunya menjadi tanggung jawab negara dan pemerintah sepenuhnya untuk memajukan pendidikan bagi generasi emas bangsa papua. Minim fasilitas sarana dan prasarana pendidikan ini yang jadi sorotan kami di Papua Barat,” ucap Markus Fatem, aktivis KontraS Papua Barat, dalam keterangan persnya, Selasa (6/9/2022).

    Baca juga:  Apel Perdana Usai Sertijab, Kapolresta Manokwari Bicara Soal Etika hingga Integritas

    Anggota KontraS Papua Barat itu menyoroti minimnya sarpras, seperti meja, kursi, papan tulis, MCK sekolah, serta rumah guru dan ATK.

    Baca juga:  Respon Usul Dominggus, Panglima akan Beri Jatah Khusus 200 OAP di TNI AL

    “Kendala yang dihadapi warga di Desa Wau, yaitu masih minim sarana prasarana pendidikan, termasuk tenaga guru dan perumahan guru,” kata Fatem.

    Menurut Fatem, saat Indonesia dikatakan sebagai negara berkembang dan sejahtera, masih ada warga negara–khususnya di Papua Barat–tidak mendapatkan pelayanan dan akses publik secara layak.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Instruksikan OPD Keroyok Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

    “Total jumlah penduduk di Desa Wau ada mencapai 432 jiwa yang dibagi dalam dua kampung, yakni Wau dan Weyah. Mereka sangat kesulitan akses pendidikan dan kesehatan,” ungkap Fatem. (LP2/Red)

     

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Mahasiswa Tambrauw buat Pernyataan Sikap Jelang Pilkada, Cakada Wajib Suku Asli Tambrauw

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan mahasiswa asal Tambrauw yang tengah menempuh pendidikan di Manokwari pada Senin...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...