27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Kesbangpol Papua Barat Segera Gelar Rakor Bahas Tahapan Rekrutmen MRPB

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Barat segera melaksanakan rapat koordinasi (rakor) guna membahas sejumlah agenda.

    Plt. Kepala Badan Kesbangpol Papua Barat, Edison Ompe, mengatakan salah satu pembahasan dalam rakor bersama kesbangpol kabupaten membahas kesiapan rekrutmen calon anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB).

    Rekrutmen anggota MRPB sendiri, kata dia, sudah siap dilaksanakan di Papua Barat. Pasalnya, saat ini Papua Barat sudah memiliki Perdasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Tata Cara Rekrutmen Anggota MRPB yang nantinya akan diperkuat menggunakan peraturan gubernur (pergub).

    Baca juga:  Lakotani Ingatkan TPID Antisipasi Inflasi Jelang Ramadan dan Idulfitri

    “Desember kemarin sudah dilaksanakan sosialisasi di 13 kabupaten/kota terkait tata cara pemilihan. Perdasi tersebut bicara mengenai musyawarah sehingga memberikan rekomendasi untuk adat dan perempuan dan agama ada di provinsi,” ujar Edison kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/2/2023).

    Terkait penentuan kursi, kata dia, sudan jelas dalam perdasi bahwa 3/4 dari jumlah anggota DPR. “Jumlah anggota DPR itu ada 35 orang di Papua Barat. Sehingga jika 3/4 dari 35 maka akan ketemu 26,25 kursi maka kota bulatkan menjadi 26 kursi. Ini yang diatur dalam lagi pergubnya,” bebernya.

    Baca juga:  Anggaran Pemeliharaan Kantor Gubernur Papua Barat Hanya Rp500 Juta, Dinilai Tidak Logis

    Dia menjelaskan, 26 kursi itu diatur lagi tiap kabupaten (tujuh kabupaten), adat satu, dan perempuan satu. Saat ini tengah disiapkan pergub dan sisa kursinya diberikan ke agama.

    Setelah panitia sudah terbentuk maka sudah pasti akan ada tahapan dan waktu efektif hanya tiga bulan. Dia berharap rakor yang akan dilaksanakan Maret nanti materinya jelas terkait tentang tahapan pemilihan anggota MRPB.

    Baca juga:  Nataniel: Jika tak Dilantik Jadi Fungsional, 11 November Saya Pensiun

    “Kita harap teman-teman di kabupaten/kota bisa mengikuti. Minggu kedua Maret sudah pengukuhan panitia pemilihan dan panitia pengawas. Kalau ini sudah selesai mereka akan bekerja. Bulan Juni sudah pelantikan anggota MRP yang baru,” ungkapnya.

    Dia berharap agar pergub secepatnya kelar sehingga bisa disosialisasikan saat pelaksanaan rakor mendatang. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Dominggus Mandacan Resmi Terima Rekomendasi DPP NasDem Maju Pilkada Papua Barat 2024

    JAKARTA, Linkpapua - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus...