24.5 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    Kepsek ini usulkan guru belajar dari jurnalis dimasa pandemi

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com- Pandemi Covid-19 membuat sistem belajar-mengajar tingkatan sekolah dasar hingga perguruan tinggi, berubah dari pertemuan tatap muka menjadi belajar daring (online).

    Muncul gagasan jika para guru harus mempelajari ilmu jurnalistik dari wartawan. Ide ini dilontarkan Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Manokwari Papua Barat, Misbah.

    Baca juga:  Terapkan Protokol Kesehatan, PAUD Harapan Bunda Buka Sekolah

    “Bukan belajar ilmu jurnalistik untuk menulis berita, tetapi lebih kepada keterampilan menulis, menyusun kata demi kata sesederhana mungkin agar mudah dipahami siswa,” jelasnya, Kamis (29/1/2020).

    Menurutnya, kemampuan jurnalis dalam meracik kalimat demi kalimat sederhana melalui karya jurnalistik, bisa disalurkan untuk membantu tugas guru memberikan pelajaran secara daring kepada siswa.

    Baca juga:  Papua Barat bersiap laksanakan sekolah tatap muka

    “Biasanya jurnalis mampu mengubah sebuah berita biasa menjadi berita yang luar biasa dan menarik perhatian pembaca. Nah, para guru bisa belajar dari situ agar materi yang diberikan tidak membuat siswa cepat bosan,” bebernya.

    Baca juga:  Masuki Usia 56 Tahun, SMA N 1 Manokwari Terus Tingkatkan Kualitas

    Ia setuju jika ke depan nantinya, digelar semacam pelatihan atau workshop menulis dengan maksud para guru memahami bagaimana menulis atau menyusun kalimat dalam pembelajaran daring.

    “Dengan demikian siswa menjadi paham dan juga tidak bosan dengan materi belajar yang monoton,” singkat dia. (LPB7/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Disdik Papua Barat Gelar Rakornis Pendidikan, Fokus Peningkatan Kualitas Layanan

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua Barat mengadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis)...

    Pemkab Manokwari Larang Guru PPPK Ajukan Pindah Tugas

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari baru saja mengukuhkan ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

    Diduga Banyak Siswa ‘Titipan’, Orang Tua Protes PPDB di SMAN 1 Manokwari

    MANOKWARI,linkpapua.com- Puluhan orang tua siswa berunjuk rasa di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari, Jumat...