28 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
28 C
Manokwari
More

    Imbas Pandemi, Permintaan Kartu Kuning Kerja di Manokwari Menurun Drastis

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com –Permintaan kartu kuning kerja atau AK 1 di kabupaten Manokwari mengalami penurunan yang signifikan selama pandemi merebak.

    Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Kerja Disnakertrans Manokwari, Mukrianto mengatakan imbas pandemi membuat tren permintaan kartu kuning menurun. Kondisi ini tidak terlepas dari minimnya lowongan kerja (loker) yang dibuka oleh perusahaan di Manokwari.

    Baca juga:  Tokoh Pemuda Warmare Kritisi Rencana Pembagian Dapil Pileg 2024

    “Kita amati minimnya permintaan untuk pengurusan kartu kuning karena lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan yang terdampak pandemi covid-19 juga minim. Apalagi malahan ada perusahaan yang mengurangi jumlah karyawannya. Selama ini memang kartu kuning itu sebagai syarat jika ada perusahaan yang membuka lowongan kerja,” terang Mukrianto.

    Dijelaskan Mukrianto, sebelum pandemi permintaan pengurusan kartu kuning bisa mencapai ratusan.

    Baca juga:  Meriahkan HUT Ikaswara ke 17, PMI Manokwari Gelar Donor Darah

    “Kalau normal bisa lebih dari seratus pencaker yang mengurus kartu kuning. Tetapi sejak pandemi tidak menentu, bahkan pernah juga dalam sehari tidak ada yang mengurus kartu kuning. Dalam kondisi seperti ini tentu perusahaan berusaha melakukan efisiensi karyawannya agar tetap bisa berjalan baik,”ungkapnya.

    Baca juga:  Minimalisir Laju Covid di Manokwari, Suryati : Batasi Akses dari Luar

    Mukrianto menambahkan saat ini pelaku usaha mulai berakvitas normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan maupun peraturan bupati yang mengatur waktu operasi.

    “Pelaku-pelaku usaha mulai aktif kembali sehingga karyawannya juga kembali bekerja. Ada juga yang mengurangi jam kerja karyawannya. Tinggal perusahaan atau pelaku usaha mengatur manajemennya dimasa pandemi ini,”tutupnya. (LPB3/red)

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...

    Distrik Manokwari Barat Upayakan Percepatan Capaian PIN Polio

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Untuk mengatasi kejadian luar biasa (KLB) polio yang terjadi tanah Papua, Pemerintah...

    Hadiri HUT Ke-6 Jemaat GPKAI, Dominggus Mandacan Beri Bantuan Rp50 Juta

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Kepala Suku Besar Arfak Dominggus Mandacan menghadiri agenda pentahbisan dan perayaan HUT...