oleh

Fraksi Otsus Reses di Sorsel, Warga Suarakan Pemekaran dan Polemik Izin Sawit

MANOKWARI, Linkpapua.com – Masyarakat di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menyampaikan aspirasi secara langsung, saat disambangi anggota DPR Papua Barat Fraksi Otonomi Khusus (Otsus). Mereka meminta program-program yang menyentuh masyarakat adat serta mendorong penguatan kapasitas kelembagaan adat.

Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat George Dedaida mengungkap, masyarakat menginginkan adanya perbaikan jalan raya umum, terutama yang menghubungkan dengan Kampung Klamit. Sebab, kondisi jalan tersebut kini banyak mengalami kerusakan yang menghambat pertumbuhan usaha ekonomi dan pendapatan masyarakat.

“Selain soal jalan, mereka juga meminta izin perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Distrik Konda, dicabut agar tanah itu dapat mereka kelola secara mandiri,” kata Dedaida kepada Linkpapua.com, Jumat (6/5/2021).

Dedaida melanjutkan, aspirasi lainnya dari masyarakat, yakni mengawal penerimaan Calon Polisi (Casis) Afirmasi Otsus, dan mendorong pemekaran wilayah Kabupaten Imeko.

“Masyarakat menyatakan bahwa 100 orang yang dikirim itu adalah anak adat. Mereka ingin agar kami mengawal penerimaan itu,” ucapnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga meminta pemekaran wilayah Imeko. Kata Dedaida, semua aspirasi ini akan mendapat perhatian fraksi.

“Itu sejumlah aspirasi masyarakat yang kami terima di reses pertama kami. Aspirasi itu tentunya akan kami tindak lanjuti, dan kami kawal baik,” katanya lagi.(LP7/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini