27.9 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Eksplorasi di Papua Barat, SKK Migas Diminta Optimalkan Potensi OAP

    Published on

    MANOKWARI,linkpapua.com – SKK Migas diminta memberi porsi lebih optimal bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) lokal di Papua Barat. Sebab,selama ini Pemprov Papua Barat sudah memberi perlindungan pada setiap kegiatan eksplorasi migas.

    Kepala Dinas ESDM Papua Barat Yohan A Tulus menyampaikan bahwa pemerintah pemprov telah banyak membantu SKK Migas-KKKS. Bantuan itu lebih dominan dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang dihadapi KKKS di lapangan.

    “Karena itu kita minta agar memberdayaan tenaga kerja lokal dalam kegiatan hulu migas. Terutama OAP (orang asli Papua). Ini bentuk sinergitas yang terbangun,” jelas Yohan.

    Baca juga:  Menuju Transformasi Kesehatan, Dinkes PB Tetapkan 6 Pilar Hasil Rakerkesda

    Kepala Staf Komando Daerah Militer XVIII / Kasuari, Brigjend TNI Djoko Handoko menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan program sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan rasa aman dan juga mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga mampu beradaptasi dengan mendukung kegiatan hulu migas di wilayah Papua Barat.

    Baca juga:  Soal Hilangnya Aset Rumdis Gubernur PB, Sekda: Kalau Biro Umum Punya Data, Silahkan!

    Rangkaian roadshow kelembagaan di Papua Barat dilaksanakan dengan mengadakan Forum Koordinasi Stakeholder Hulu Migas. Ini adalah forum dalam rangka mengampanyekan industri hulu migas yang dekat pada masyarakat.

    Kepala Staf Komando Armada III Laksamana Pertama TNI, Yeheskel Katiandago menyampaikan kegiatan forum seperti ini sangat baik untuk dilakukan oleh SKK Migas dan stakeholder di wilayah Papua dan Maluku. Baik secara formal maupun informal untuk mendiskusikan kendala atau persoalan yang terjadi di lapangan.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Tunggu Hasil Audit BPKP Kasus Korupsi PBVSI

    “Karena banyak hal yang harus dihadapi dalam kegiatan hulu migas. Seperti perlindungan asslet Hulu Migas dan masalah hak ulayat masyarakat adat yang berujung pada pemalangan fasilitas perusahan, serta memastikan bahwa kehadiran kegiatan Hulu Migas dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah kerja melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Pengembangan Masyarakat (PPM),” paparnya. (*/Red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...