28.2 C
Manokwari
Sabtu, Mei 25, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Data Base Lemah, PMI Papua Barat Perkenalkan Aplikasi Siamo

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua Barat menggelar bimbingan teknis (bimtek) data base dengan memperkenalkan aplikasi Siamo. Aplikasi ini akan menjembatani validitas data PMI agar terintegrasi ke pusat.

    “Diharapkan dengan aplikasi Siamo kelembagaan PMI Papua Barat terus secara bersama-sama melakukan perubahan. Proses penginputan data lebih valid. Dan yang lebih penting saling terkoneksi antara daerah dan pusat,” terang Ketua Bidang Diklat PMI Papua Barat, La Abidin dalam bimtek yang ditutup, Rabu hari ini (24/11/2021).

    Bimtek diikuti para pengurus, staf dan relawan PMI dari beberapa daerah. Di antaranya Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Sorong dan Kota Sorong di Kota Sorong, 21-24 November 2021.

    Baca juga:  Waterpauw Resmi Mendaftar Bakal Calon Ketua Golkar Papua Barat

    La Abidin menyampaikan, tujuan pelaksanaan bimtek adalah membentuk SDM PMI yang lebih kompetitif. Ke depan mereka bisa lebih siap dalam penginputan melalui aplikasi Siamo.

    Ketua PMI Provinsi Papua Barat, yang diwakili Sekretaris PMI Papua Barat, Roger S Tanamal, dalam pembukaan kegiatan menyampaikan, bahwa sebagai satu kesatuan dalam kelembagaan, SDM (pengurus, staf dan relawan) dalam pemahaman bersama menjalankan peran dan tanggung jawab pada pengembangan PMI Papua Barat melalui kelembagaan dan kaderisasi. Khususnya dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi pada setiap aktivitas kegiatan kemanusiaan.

    Diakuinya, bahwa sampai saat ini masih lemahnya data yang valid terkait SDM PMI Papua Barat. Sehingga penginputan belum terkoneksi langsung dengan PMI Pusat.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Harap PMI Tak Terafiliasi Kepentingan Politik

    “Ke depan ini harus jadi perhatian. Penginputan harus mengacu pada data base yang disiapkan melalui Aplikasi Siamo. Tentunya ini juga akan didukung penganggaran pemerintah daerah. Melalui bimtek ini juga sebagai tolak ukur dalam pengembangan dan keberhasilan PMI Papua Barat ke depan,” ujar dia.

    Mewakili peserta Bimtek, Ketua PMI Kabupaten Manokwari, Yusran Mahdani, mengaku termotivasi untuk menyerap banyak hal dalam bimtek ini. Terutama bagaimana agar mampu menjalankan aplikasi Siamo dengan benar.

    “Sehingga sekembalinya ke kabupaten akan semakin berbenah dan PMI terus melayani untuk perubahan yang lebih baik,” ujarnya.

    Baca juga:  Demianus Rumpaidus : Pariwisata Raja Ampat Harus Ditingkatkan Kembali

    Yohanes Ada Lebang, sebelum menutup secara resmi bimtek data basa mengatakan bahwa dalam organisasi bagian terpenting adalah pengurus. Pengurus harus punya komitmen dalam kebersamaan.

    “Aplikasi Siamo baru saja dilaunching saat HUT PMI tahun 2021. Saat ini kita dapat melaksanakan bimtek dengan harapan program ini bisa berjalan di daerah. Ini menjadi tanggung jawab bersama,” katanya.

    Ia menyebutkan, data base menjadi penting dalam fungsi kelembagaan dan intervensi untuk pencapaian program dan kegiatan. Sehingga diharapkan pada akhir tahun 2021 ini aplikasi Siamo sudah dapat dilaksanakan semaksimal mungkin dalam penginputannya. (LP3/Red)

    Latest articles

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi Halal bersama Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun Jumat (24/5/2024)....

    More like this

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi...

    Turnamen Catur IKT Teluk Bintuni, Kuatkan Minat dan Solidaritas

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni, Ferdinan Mangalik, membuka...

    Kejari Bintuni Ultimatum GS Hadiri Panggilan Ketiga Terkait Kasus Dana Hibah KPU

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Kejari Teluk Bintuni Jhony A zhebua melalui Jaksa penyidik dari Kejaksaan Negeri...