25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Dance Sangkek Beri Pesan untuk Para Rimbawan: Jaga Setiap Tapak Hutan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Sekda Papua Barat Dance Sangkek berbicara soal Hari Bakti Rimbawan ke-40. Ia mengatakan, Hari Rimbawan bukan sekadar seremonial tahunan, tapi sebuah refleksi yang mengajak untuk melestarikan hutan.

    Hal ini disampaikan Dance Sangkek saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup, Kamis (16)3/2023). Menurutnya, Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-40 menjadi makna reflektif/evaluasi atas apa yang telah dilakukan bersama sebagai Rimbawan.

    “Peran hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan lingkungan yang perlu senantiasa kita jaga dan rawat
    bersama. Begitu pula peran atmosfer dan udara sebagai bagian di dalamnya yang harus dijaga untuk tetap bersih dan terefleksi dalam langit yang biru, ” ujarnya.

    Baca juga:  Terlibat Aksi Pemalangan, Sejumlah ASN Papua Barat Terancam Dipecat

    Pada peringatan hari Bhakti Rimbawan ke-40 ini, dia mengajak seluruh rimbawan baik di Kementerian LHK, pemerintah daerah, bisnis leaders dan para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat untuk mengambil langkah konkret penyelamatan hutan.

    Baca juga:  Dari Muswil PPP Papua Barat: Harus Buka Ruang untuk Milenial

    “Kita dapat bersama bahu membahu
    memberikan kontribusi pemikiran ataupun kegiatan nyata menyukseskan upaya pengendalian perubahan iklim secara masif dan terukur, ” paparnya.

    Dance juga meminta untuk seluruh Rimbawan Indonesia melihat dan menyadari kondisi-kondisi yang sudah berkembang seperti yang ada saat ini untuk dilihat sebagai tantangan besar di masa depan. Sebab menjadi tanggung jawab bersama untuk selalu menjaga setiap tapak hutan yang ada di Bumi Indonesia ini.

    Baca juga:  Hari Rimbawan ke-40, Besok Aksi Tanam Pohon di Kantor Gubernur Papua Barat

    “Ingat selalu pesan saya untuk Rimbawan Indonesia melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Setiap jengkal tanah air, setiap kawasan berciri hutan harus dalam lindungan kita, dalam lindungan negara. Mari terus kita lakukan konsolidasi Rimbawan Indonesia dari berbagai elemen fungsi di masyarakat, kita terus mengambil langkah aksi nyata pengendalian iklim yang lebih baik, ” Ungkapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    Partai Golkar Bantah Soal Dugaan Pelanggaran Pemilu di Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Adanya tuduhan terhadap DPD Partai Golkar Papua Barat yang akan melakukan intervensi...

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...