27.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Cara DPP PIKI Berdayakan UMKM di Masa Pandemi Covid-19

    Published on

    JAKARTA, linkpapua.com – Dalam rangka menyambut Dies Natalis PIKI yang ke-58, DPP PIKI mengadakan webinar yang diadakan melalui zoom meeting pada 11 Desember 2021 dengan tema Pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19.

    Webinar tersebut menghadirkan dua narasumber masing-masing Dr. Iskandar Simorangkir, SE, MA, Deputi Bidang Kordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, dan Alexander Arnold Rompies,  ST, Kepala Seksi Restrukturisasi Usaha, Dinas Koperasi UKM Prov. Sulawesi Utara.

    Dalam webinar tersebut juga hadir Dr Badikenita  Putri Sitepu, SE, M.Si selaku  Ketum PIKI, Hilda Manafe, SE, MM selaku Ketua Bidang Koperasi dan UMKM DPP PIKI, dan Pdt Parhimpunan Simatupang PhD,  selaku Ketua Lembaga Pemulihan Ekonomi Nasional DPP PIKI.

    Baca juga:  Presiden Jokowi Minta Pers di Garda Terdepan Melawan Hoaks

    Acara tersebut dimoderasi oleh Jackwin Simbolon PhD serta Merdy Rumintjap, S.Sos, M.Si. Webinar ini memaparkan bagaimana pandemi Covid 19 memberikan perlambatan pertumbuhan ekonomi, 48,6% tutup sementara dan 30,5 % mengalami penurunan permintaan domestic secara aggregate sebanyak 84,20 %, mengalami penurunan penjualan dan permintaan usaha dalam sektor UMK, dan 82,29 % dalam segi pendapatan sektor UMB. Hal ini berdampak terhadap modal kerja usaha UMKM, 7 dari 10 UMKM membutuhkan bantuan modal usaha.

    Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional khususnya apabila ditinjau dari pemulihan UMKM sesungguhnya akan sangat tergantung dari bagaimana penyelesaian Pandemi Covid-19 itu sendiri.

    Selain hal tersebut pemerintah perlu melakukan pengawasan yang baik untuk memastikan agar penyaluran bantuan UMKM lebih tepat sasaran, menambah pelatihan UMKM dengan sasaran pada start up baru, mendukung pengembangan inovasi produk baru dari UMKM, mendorong terbentuknya ekosistem umkm dan ekonomi kreatif di kalangan gereja berbasis potensi jemaat, melakukan pendampingan, pemberdayaan dan fasilitasi dukungan KUR (kredit usaha rakyat), pameran produk unggulan dan perluasan pasar untuk memperkuat rantai pasok dan mendorong percepatan transformasi ekosistem UMKM agar masuk ranah digital baik aspek literasi, soft skill, hard skill dan pasar digital.

    Baca juga:  Pangdam Kasuari Lantik Danrem Jazirah Onim dan 3 Pejabat Baru

    Studi kasus yang diangkat dari realita UMKM Sulawesi Utara, khususnya Bidang Pariwisata, telah menguatkan argumentasi empiris bagaimana pentingnya kegiatan ekonomi usaha mikro dapat menjadi penopang dalam masa pandemi Covid-19 yang tergambar dari perluasan ekonomi pariwisata tidak hanya bersandar pada paket objek pariwisata tetapi lebih kepada keberlanjutan aktifitas usaha pariwisata itu sendiri.

    Baca juga:  KPU Papua Barat Tunggu Perbaikan Dokumen Bacaleg dan Bakal Calon Senator

    PIKI sebagai Rumah Besar Lembaga Intelektual Kristen mengajak kepada segenap pihak yang berwenang untuk memberikan aksesibilitas kepada para pelaku usaha UMKM guna tercapainya percepatan pemulihan ekonomi.

    DPP PIKI juga mengajak para pihak bergandengan tangan  bekerjasama dengan aras gereja, pemerintah, legislatif sektor swasta dan para stake holder.

    “Pengembangan UMKM perlu ditingkatkan untuk percepatan pemulihan ekonomi dengan turut memberikan asesibilitas kepada pelaku UMKM bekerja sama dengan aras gereja, pememrintah, legislatif dan para stake holder,” jelas Direktur PIKI. (LP2/red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...