Senin, September 20, 2021
28.1 C
Manokwari
28.1 C
Manokwari
Senin, September 20, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

140,468
Total Kematian
Updated on Monday, 20 September 2021, 11:48 11:48 am
60,969
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 20 September 2021, 11:48 11:48 am
4,190,763
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 20 September 2021, 11:48 11:48 am

Bupati Kasihiw Tinjau Lahan Pembangunan Kantor Pengadilan Negeri Teluk Bintuni

BINTUNI, Linkpapua.com-┬áBupati Petrus Kasihiw melakukan peninjauan lokasi pembangunan kantor Pengadilan Negeri Teluk Bintuni di di Jalan Raya Manokwari – Bintuni, Atibo , Distrik Manimeri, Kamis (10/6/2021).

Bupati Petrus didampingi kepala Kejaksaan, Ismail Otto dan ketua Pengadilan kelas I B Manokwari, Sonny Alfian Blegoer Laoemoery.

Petrus Kasihiw usai meninjau lokasi kepada awak media mengatakan kantor Pengadilan Negeri Teluk Bintuni berdiri di atas lahan seluas 100×200 meter persegi, yang merupakan ini milik pemerintah.

Ia membeberkan, pembangunan kantor pengadilan, sejalan dengan kebijakan nasional untuk melengkapi instansi vertikal, Lebih khusus untuk melengkapi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Lahan tersebut juga telah hibahkan ke Instansi-instansi terkait.

“Lahan ini rencana pelepasannya sudah di kavling, selanjutnya kita akan melakukan pelepasan hak dari pemerintah daerah kepada pihak Kementerian Hukum dan HAM untuk selanjutnya di hibahkan dan akan dilakukan pembangunan,” Ujar Bupati.

Target atau rencana pembangunan katanya, mengikuti tahapan. Rencananya, pembangunan difokuskan usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.

” Mungkin selesai pelantikan saya, kita mulai fokus untuk berkordinasi dengan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menyelesaikan pengukuran dan sertifikat,” Bebernya.

Rencana pembangunan Kantor Pengadilan ini katanya, adalah kebutuhan daerah, untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat yang lebih efisien dan lebih efektif.

” Kita berharap dalam tahun ini ada Kepres Pengadilan Negeri Teluk Bintuni,” ujar Bupati Teluk Bintuni itu.

Bupati juga menambahkan, selain Kantor Pengadilan Negeri, Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni juga akan membangun kantor vertikal lainnya, seperti Kantor Bea cukai, Kantor BPN , Kantor Basarnas, termasuk kantor Persatuan Wartawan Indonesia.

” Intinya di bangunnya kantor atau fasilitas itu, untuk kebutuhan masyarakat yang ada di Kabupaten ini,” Untainya.

Menanggapi pernyataan Bupati, Ketua Pengadilan Negeri Manokwari kelas IB Sonny Alfian Blegoer Laoemoery mengatakan, rencana bupati sejalan dengan komitmen Mahkamah Agung (MA), meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat terjauh dan terluar.

Ia menggambarkan, jarak antara Manokwari ke Bintuni terbilang jauh. Karenanya , pelayanan hukum kurang maksimal, padahal kebutuhan hukum, hidup bersama-sama dengan masyarakat.

“Jadi kami menyambut baik sekali komitmen Bapak Bupati, untuk mendorong pembentukan Pengadilan Negeri Teluk Bintuni. Karena ini bagian dari upaya kami pengadilan negeri Manokwari, sudah beberapa tahun ini kami melakukan pengusulan , semoga segera terealisasi,” harap Ketua Pengadilan.

Pada kesempatan itu juga Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni Ismail Otto, turut berharap agar pengadilan negeri segera di bangun.

” Sesuai dengan asas peradilan, cepat, murah dan sederhana. Selama ini sudah dua yang terpenuhi. cepat sekali. sederhana sekali, tapi satu yang belum tercapai yaitu murah, ” ujar Kajari Teluk Bintuni.

Kajari juga berharap pembangunannya segera dilaksanakan, karena akan memudahkan Jaksa-jaksa dalam menyelesaikan perkara, dan tercipta pelayanan maksimal kepada masyarakat. (LP5/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here