Rabu, Agustus 4, 2021
27.1 C
Manokwari
27.1 C
Manokwari
Rabu, Agustus 4, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

98,889
Total Kematian
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 10:30 10:30 am
524,142
Total Kasus Aktif
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 10:30 10:30 am
3,496,700
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 10:30 10:30 am

Pembukaan TMMD ke-111 Teluk Bintuni, Danrem 182-JO : Sarana Untuk Bantu Pemerintah

BINTUNI, Linkpapua.com- Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Kabupaten Teluk Bintuni resmi dilakukan di gedung Sasana Karya Sp3, Kantor Bupati, Distrik Manimeri, Selasa (15/6/2021).

Danrem 182/JO Kolonel Inf Yudha Medy Dharma Zafrul, saat membuka acara mengaku, TMMD merupakan sarana untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memberdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta meningkatkan akselerasi pembangunan Desa dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Dikatakan Danrem, TMMD yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian, dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Dimana diprioritaskan untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan kumuh, serta daerah lain yang terkena bencana,” ujarnya.

“Seperti kali ini yang dilakukan oleh Kodim 1806/Teluk Bintuni, dilaksanakan di Kampung Idoor Distrik Wamesa dengan sasaran fisik dan non fisik,” terangnya.

Lebih lanjut, Kolonel Inf Yudha mengungkap, pada sasaran fisik, TMMD kali ini akan di prioritaskan untuk pembangunan rumah type 36 konstruksi kayu sebanyak 8 unit, pemasangan Instalasi air bersih sepanjang 1.900 meter serta pengerasan jalan sepanjang 375 meter, lebar 8 meter.

“Selain itu untuk non fisik akan dilaksanakan penyuluhan Wawasan kebangsaan dan Bela Negara, Mitigasi dan Bencana Alam, Pertanian, Hukum dan Kamtibmas, Narkoba, KB Kes, Bahaya Stunting, Protokol Kesehatan Covid-19, Pendidikan, Perikanan, dan Pemutaran Film Perjuangan,” jelasnya.

Dirinya berharap, hasil pembangunan TMMD tersebut dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.

“Seperti halnya pengerasan jalan diharapkan semakin meningkatkan kualitas transportasi dan penghubung antar kampung, memperlancar urat nadi ekonomi di wilayah, karena proses pengangkutan hasil bumi, proses distribusi barang maupun jasa di wilayah tersebut,” ungkapnya.

Komandan KOREM 182 Jo, juga membeberkan, Kodam 18 kaswari sudah punya dua KOREM 181 di Sorong dan 182 di fak2,Wilayah teritorial TB, Mansel, Kaimana dan Fak2.

Program TMMD yang dilaksanakan,Sesuai dengan Permen 34 salah satu tugas TNI adalah membantu Pemda sehingga program TNI harus selaras dan sejalan dengan program pemerintah daerah, Kita berharap makin banyak putra putri bisa menjadi penerus kami nantinya.

Sasaran fisik ditujukan untuk mengunggah rasa kesatuan bangsa dalam rangka meningkatkan semnagt bela negara dalam rangka mempertahankan keamanan negara,Partisipasi aktif bagi komponen masyarakat juga menjadi penentu keberhasilan TMD.

“Sementara itu dengan sasaran non fisik diharapkan dapat menggugah dan memupuk komitmen persatuan serta kesatuan bangsa, meningkatkan wawasan kebangsaan dan semangat Nasionalisme,” pungkasnya. (LP5/red)

Latest news