Jumat, Oktober 22, 2021
26.2 C
Manokwari
26.2 C
Manokwari
Jumat, Oktober 22, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

143,120
Total Kematian
Updated on Friday, 22 October 2021, 11:37 11:37 am
15,594
Total Kasus Aktif
Updated on Friday, 22 October 2021, 11:37 11:37 am
4,237,834
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Friday, 22 October 2021, 11:37 11:37 am

Nyatakan Dukung NKRI, Warga Suku Sougb di Teluk Bintuni Serahkan Bendera Bintang Kejora

BINTUNI, Linkpapua.com – Warga dari Suku Sougb, Kampung Wesiri, Distrik Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, menyerahkan bendera bintang kejora kepada Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dan TNI/Polri. Ini sebagai rasa kecintaan terhadap Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

Bendera bintang kejora diserahkan kepada Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw yang selanjutnya diserahkan ke Dandim 1806/Teluk Bintuni, Letkol Inf Kadek Abriawan. Penyerahan dilakukan di Gedung Sasana Karya Kantor Bupati SP 3, Distrik Menimeri, Selasa (15/6/21).

“Dengan diserahkan bendera bintang kejora ini, kami menyatakan sikap mendukung kebijakan pemerintah dalam membangun Papua dan Papua Barat lebih maju dan sejahtera,” kata Yulius Menci, salah seorang perwakilan warga.

Dia pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung kedaulatan Indonesia. “Saya mengajak saudara kami yang masih berseberangan dengan NKRI untuk kembali ke NKRI. Agar kita dapat membangun daerah ini bersama-sama dengan NKRI,” serunya.

Yunias Menci mengungkapkan alasan memilih lepas dari bintang kejora. “Karena saya sudah melihat lewat media bahwa pemerintah pusat siap untuk membangun Papua dan Papua Barat. Jadi mari saya mengajak masyarakat Papua dan Papua barat yang masih berlawanan mari kembali ke NKRI, mari kita bahu-membahu dengan pemerintah membangun tempat ini lebih baik,” ucapnya.

Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, mengatakan menegaskan bahwa penyerahan bendera ini adalah aspirasi masyarakat, keinginan masyarakat tanpa paksaan, tanpa dikendalikan oleh siapa pun, dan murni keinginan dari masyarakat sendiri.

“Saya akan menyerahkan bintang kejora ini kepada negara lewat Tentara Nasional Indonesia, Pak Dandim 1806/Teluk Bintuni,” kata Bupati.

Sementara, Dandim 1806/Teluk Bintuni, Letkol Inf Kadek Abriawan, mengatakan, “Saya terima Bapak Bupati bendera bintang kejora dari masyarakat kita, salah satu anak bangsa yang masih setia kepada NKRI.”

Dia menyampaikan, Kodim 1806/Teluk Bintuni di bawah jajaran Korem 182 dan Kodam XVIII/Kasuari mengapresiasi dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Yunias Menci atas nasionalisme, patriotisme, serta dedikasinya kepada NKRI.

“Inilah wujud kebersamaan kita bersama masyarakat, forkopimda, dan Bapak Bupati beserta jajarannya, Kapolres dan beserta seluruh babinkamtibnas dan babinsa, yang berada di pelosok-pelosok, serta tokoh masyarakat adat tujuh suku yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama ada penyerahan bendera merah putih kepada Yunias Menci sebagai balasan negara atas penyerahan bintang kejora.

“Kiranya bendera merah putih saling mempersatukan mengikat kita dalam NKRI, ingat bahwa Kabupaten Teluk Bintuni miniatur NKRI,” katanya. (LP5/red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here