27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Wabup Bintuni Tantang Dharma Wanita Berperan Bangkitkan UMKM

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com- Dharma Wanita Persatuan (DWP) memperingati hari lahirnya yang ke-22. Di Kabupaten Teluk Bintuni, para kader organisasi ini ditantang berperan nyata dalam membangkitkan UMKM.

    “Wanita berhasil melaksanakan tugasnya sebagai pendamping setia dan penolong yang baik, untuk tugas dan tanggung jawab yang diemban suami. Bahkan dengan fenomena kemajuan yang cepat di era modern ini, wanita tidak hanya melaksanakan tugasnya yang berkaitan dengan hal-hal domestik atau yang bersifat rumah tangga, tetapi juga telah melebarkan sayap dengan mengerjakan hal-hal di ruang publik,” ujar Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop pada peringatan DWP di Gedung Woman and Child Center (WC), Jalan Raya Kalikodok, Selasa (7/12/2021).

    Baca juga:  Dominggus Tegaskan Honorer di Papua Barat akan Diangkat Jadi ASN Mulai Tahun ini

    Menurut Matret, perempuan di masa kini tidak hanya berperan untuk membangun diri dan keluarganya. Tetapi juga membangun masyarakat, ekonomi dan negara melalui berbagai kesempatan berkarya.

    Matret yakin, apabila kaum perempuan diberi peluang dan kesempatan, mereka mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Perempuan juga bisa menjadi motor penggerak perubahan dalam berbagai dimensi kehidupan.

    “Oleh sebab itu, pada momen HUT ke-22 ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) menaruh perhatian penuh kepada isu-isu perempuan. Ini terutama dimensi kesehatan dan bisnis UMKM,” terang dia.

    Baca juga:  A-4 Dorong Evaluasi Hak Politik Anak Asli Amban sebelum Pemilu 2024

    Di bidang bisnis, perempuan saat ini ditantang menunjukkan peran nyata dalam mendorong kebangkitan UMKM.

    “Kita perlu memberinya ruang. Karena perempuan punya potensi ekonomi. Mereka bisa memberi solusi dan strategi dalam membangun UMKM,” kata Matret.

    Matret mengaku sudah membuktikannya. Selama enam hari DWP dilibatkan penuh dalam berbagai kegiatan. Dan semua terlaksana dengan sukses.

    Sementara itu Ketua DWP Kabupaten Teluk Bintuni Ny Jane Awak menuturkan, ada beberapa poin prioritas di internal organisasi yang sedang digalakkan. Selain upaya mewujudkan ketahanan pangan, juga akan terlibat dalam berbagai kesempatan untuk pemulihan ekonomi pascapandemi.

    “Kita berharap ibu ibu terlibat dalam pemulihan UMKM. Karena pada prinsipnya ibu-ibu ini ada di rumah, bagaimana mereka dapat mempersiapkan diri untuk berbisnis dari rumah dengan menggunakan alat digital di media sosial, sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya dan keluarga,” tuturnya.

    Baca juga:  Aksi Amal DWP Bintuni: Perayaan Natal sampai Bagi Bingkisan di Tembuni

    Diakui Ny Jane Awak, sejauh ini khusus ibu-ibu DWP Bintuni belum memaksimalkan peluang bisnis mandiri melalui tekhnologi dari rumah. Ini yang sedang digalakkan kepada semua kader.

    “Cobalah manfaatkan media sosial itu sebagai peluang mendapatkan ekonomi kreatif. Lewat cara ini ibu ibu juga bisa memberikan inspirasi yang lebih bermanfaat,” beber Ny Jane. (LP2/red)

    Latest articles

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW, yang telah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) asal...

    More like this

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...

    Pemekaran 203 Kampung di Pegaf Papua Barat Masuk Tahap Akhir

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asisten I Setda Papua Barat, Oktavianus Mayor, menyampaikan pemekaran calon kampung...