24.5 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    Vaksinator dan Sarpras Siap, Vaksinasi COVID-19 Papua Barat tunggu Petunjuk Pusat

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com-Pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota di Papua Barat telah menyiapkan petugas serta sarana prasarana pendukung program vaksinasi COVID-19 yang akan dilaksanakan pemerintah pusat.

    “Sekarang kita tinggal menunggu petunjuk dari pemerintah pusat, kapan vaksin akan dikirim dan kapan vaksinasi itu akan dilakukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan, Kamis (26/11)

    Dia mengemukakan, beberapa waktu lalu tenaga kesehatan yang disiapkan pemerintah daerah telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan. Nakes dari rumah sakit hingga Puskesmas diikut sertakan pada pelatihan yang digelar secara virtual itu.

    Baca juga:  HUT Ke-67 Lalu Lintas, Polda Papua Barat Bakal Serahkan Penghargaan ke Jajaran dan Mitra

    Dia menyebutkan,pelatihan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu itu tidak diikuti oleh seluruh nakes yang telah disiapkan pemda. Dia berharap nakes yang berkesempatan mengikuti pelatihan membagikan hasilnya kepada yang lain.

    Baca juga:  Waterpauw Komitmen Seriusi Pengembangan Pariwisata Papua Barat

    “Mereka ini kan sudah terbiasa melakukan penyuntikan vaksin. Pasti bisa karena tata caranya secara umum sama,” katanya lagi

    Selain Nakes, Otto memastikan sarana prasarana pendukung program ini pun telah tersedia di seluruh kabupaten/kota di Papua Barat. Tempat penyimpanan vaksin sudah siap di hampir seluruh Puskesmas.

    Saat ini, lanjut Otto, beberapa jenis vaksin sedang dilakukan uji klinis. Daerah akan menyesuaikan keputusan serta kebijakan yang dilaksanakan pusat melalui Kementerian Kesehatan.

    Baca juga:  Soal Proyek Air Baku Bintuni Mandek, Ombudsman Akan Panggil BWS Papua Barat

    “Kami juga belum tahu berapa sasaran vaksinasi di Papua Barat. Informasi awal, vaksinasi akan diprioritaskan bagi Nakes dan TNI-Polri,” ujarnya.

    Otto mengutarakan belum ada panduan lebih teknis dari pusat terkait pelaksanaan vaksinasi. Surat edaran dari Kemenkes baru sebatas permintaan kepada daerah agar menyiapkan sasaran, tenaga vaksinator serta sarpras pendukung.(LPB1/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...

    Instruksi Ali Baham ke OPD: Agustus Serapan Anggaran Harus di Atas 50%

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengingatkan seluruh perangkat daerah...

    Program Pengadaan Ayam Petelur di Papua Barat Tak Jelas, Peternak OAP Kecewa

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asosiasi Ayam Petelur (Asapter) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mempertanyakan pengadaan 5.000...