Minggu, Oktober 17, 2021
26.5 C
Manokwari
26.5 C
Manokwari
Minggu, Oktober 17, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

142,848
Total Kematian
Updated on Friday, 15 October 2021, 04:06 4:06 am
19,852
Total Kasus Aktif
Updated on Friday, 15 October 2021, 04:06 4:06 am
4,232,099
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Friday, 15 October 2021, 04:06 4:06 am

Syukuran HUT Ke-76 TNI, Gubernur Apresiasi Kodam Kasuari Jaga Papua Barat Tetap Damai

MANOKWARI, Linkpapua.com – Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 TNI, Kodam XVIII/Kasuari menggelar ramah tamah dan syukuran di Serambi Kehormatan, Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Selasa (5/10/2021). Masih dalam kondisi pandemi Covid-19, acara digelar sederhana.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dalam sambutannya menyampaikan TNI di samping memiliki tugas sebagai alat pertahanan negara, juga melaksanakan tugas dalam rangka operasi militer selain perang.

“Untuk itu dalam situasi Covid-19 ini kita semua harus bersinergi, kita harus manunggal dengan seluruh komponen masyarakat yang ada dari mulai pemerintah daerah, Polri, tokoh-tokoh agama, masyarakat tokoh adat dan komunitas-komunitas baik akademisi termasuk juga media” ucapnya.

Selama penugasan di Papua Barat, menurutnya, cukup berat dan kompleks. Untuk melalui berbagai macam hal itu harus memiliki wawasan luas dan mengerti tentang kearifan lokal, adat, dan budaya di Papua.

“Dengan peringatan HUT ini kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan oleh Kodam XVIII/Kasuari. Puji Tuhan kita di sini didukung Pemda sama Bapak Gubernur, tokoh-tokoh DPRD Papua Barat, tokoh masyarakat, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Salah satu dukungan pemerintah tersebut, yakni 1.000 Bintara Otsus. Hal tersebut dapat mendorong pemenuhan personel Kodam hingga 64 persen.

Baca juga:  Kunker Jokowi, Pangdam Kasuari dan Kapolda Papua Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan

Ia berharap ke depan Kodam XVIII/Kasuari makin sempurna, makin bisa menjadi pengayom, pelindung dalam rangka untuk mengawal, menjaga negara kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dalam sambutannya menyampaikan berkat kerja sama dengan baik dengan semua pihak sehingga bisa melakukan pendekatan-pendekatan yang baik pula.

“Baik itu pendekatan keagamaan, dengan semua lintas agama di Papua Barat, pendekatan hukum, pendekatan adat dan budaya, serta kearifan lokal, selama ini hubungan sehingga kita mendapatkan dukungan dari masyarakat kepada kita semua khususnya TNI,” ungkap Gubernur.

Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda, dan seluruh jajaran TNI yang ada di wilayah Papua Barat karena selama ini sudah bersinergi membangun Papua Barat tetap aman dan kondusif.

“Terima kasih banyak juga kepada unsur Forkopimda yang selama ini sudah membantu terutama dalam penanganan pandemi Covid-19,” ucapnya.

“Saya mengajak kepada kita semua dalam peringatan HUT TNI ke-76, mari kita tingkatkan terus kekompakan, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan untuk menjamin Papua Barat tetap aman, kondusif, dan damai,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolda Papua Barat, para pejabat Kodam, dan Polda Papua Barat, Kafasharkan Manokwari, Wakajati Papua Barat, Wakil Ketua DPRD Papua Barat, Ketua MRP Papua Barat serta para prajurit Kodam XVIII/Kasuari. (LP2/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here