25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Ali Baham Dukung Pengangkatan Anggota DPRP-DPRK Libatkan Lembaga Adat

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri launching mekanisme pengangkatan anggota DPRP dan DPRK di Gedung PKK Papua Barat, Selasa (30/4/2024). Ali Baham mengatakan, DPRP dan DPRK memiliki wewenang komplet yang menentukan arah pembangunan daerah.

    “DPRP dan DPRK merupakan lembaga perwakilan di era otonomi khusus di tanah Papua setelah ditetapkanya UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 21 tahun 2021 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua,” tutur Ali Baham.

    Baca juga:  Parjal Kecam Persekusi Terhadap Mahasiswa Papua di NTT: Mereka Harus Minta Maaf

    Didalam undang-undang tersebut pada pasal 5 ayat 1 disebutkan bahwa pemerintah daerah provinsi Papua terdiri atas pemerintah daerah dan DPRP. Sedangkan mengacu pada ayat 5 disebutkan pemerintah daerah kabupaten kota dan DPRK dibentuk di tiap-tiap kabupaten dan kota.

    “Berkenaan dengan itu pasal 6 ayat 1 disebutkan DPRP dan DPRK terdiri atas anggota yang dipilih dalam pemilu dengan masa jabatan selama 5 tahun,” jelasnya.

    Baca juga:  Tiba di Manokwari, Mentan SYL Langsung ke Kampung Desay

    Mengacu pada semua itu tutur Ali Baham, di era otonomi khusus dalam mekanisme pengangkatan anggota DPRP dan DPRK terpilih perlunya dibentuk panitia seleksi dalam rangka penyisihan mekanisme pengangkatan anggota DPRP dan DPRK.

    Sedangkan struktur dan tugas kewenangan kelembagaan serta kewajiban melalui syarat menjadi anggota yang menyangkut hak dan lain-lain diatur ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 106 tahun 2021 tentang kewenangan dan kelembagaan pelaksanaan otonomi khusus Provinsi Papua.

    Baca juga:  Pj Sekda Papua Barat Akui Banyak Potensi PAD Masih Dikuasai Swasta

    Ali Baham Temongmere menambahkan mekanisme pengangkatan anggota DPRP dan DPRK terpilih melalui tahap pemilu di Papua yang kemudian akan diseleksi melalui musyawarah pengangkatan oleh lembaga adat yang diberi nama pemilihan adat atau seleksi pengangkatan pemilihan adat anggota DPRP dan DPRK. Karenanya, peran DPRK dan DPRP sangat menentukan arah kebijakan pembangunan yang berpisah pada rakyat. (LP/13Red).

    Latest articles

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat periode 2024-2029. Penetapan dilakukan...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan...

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...