28.1 C
Manokwari
Sabtu, Mei 25, 2024
28.1 C
Manokwari
More

    Sistem Pemilu Tetap Proporsional Terbuka, Sekretaris PPP Papua Barat: Caleg Tidak Bisa Duduk Manis

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Sekretaris DPW PPP Provinsi Papua Barat, Asri, merespons positif putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan sistem pemilu sehingga Pemilu 2024 tetap akan dilaksanakan dengan sistem proporsional terbuka.

    “Keputusan MK sudah tepat dan berkeadilan dalam berdemokrasi sehingga semua caleg dari masing-masing partai politik nantinya akan memiliki peluang yang sama untuk merebut kursi legislatif,” kata Asri yang juga bacaleg DPR Papua Barat Dapil Kabupaten Teluk Bintuni, Jumat (16/6/2023).

    Baca juga:  Coblos Ulang di 7 TPS Manokwari Kondusif, Polisi Amankan 2 Warga

    Menurutnya, sistem pemilu proporsional terbuka memang dinanti-nantikan para bacaleg, bukan hanya dari PPP, tetapi juga partai lain. Sistem pemilu proporsional terbuka, kata dia, akan menyamakan peluang bagi semua nomor urut.

    Ia melanjutkan, tidak ada lagi caleg yang merasa terpinggirkan karena mendapatkan nomor urut yang besar. Sebab, kursi legislatif akan diperoleh caleg yang meraih suara terbanyak, yang mencerminkan upaya mereka dalam memperoleh simpati dan kepercayaan pemilih.

    Baca juga:  Jelang Peringatan Sumpah Pemuda, LMA PB Agendakan Forum Kebangsaan

    “Dengan sistem proporsional terbuka ini, caleg yang mendapatkan nomor urut satu dari partai tidak bisa duduk manis saja, tetapi harus bekerja keras dan bersosialisasi untuk mendapatkan suara terbanyak,” ujar Asri.

    Asri juga mengajak semua bacaleg PPP di wilayah Papua Barat, yakni Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Wondama, Fakfak, Kaimana, dan Teluk Bintuni, untuk aktif dalam kegiatan sosialisasi dan berusaha mendapatkan simpati masyarakat.

    Baca juga:  Waterpauw Mulai Rotasi, Pekan ini 10 Pimpinan OPD Digeser

    “Selama ini banyak bacaleg yang wait and see, menunggu apakah sistem proporsional terbuka atau proporsional tertutup. Akibatnya banyak waktu sosialisasi yang terabaikan. Sekarang semua sudah terang benderang,” ucapnya.

    Asri mengaku sejak mendaftarkan diri sebagai bacaleg, ia telah memulai kegiatan sosialisasi dengan mengunjungi tokoh-tokoh masyarakat guna memperkenalkan diri.

    “Kami memang tidak menunggu nomor urut untuk bersosialisasi karena kami tahu bahwa nomor urut itu adalah kewenangan pimpinan partai,” akunya. (LP5/Red)

    Latest articles

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi Halal bersama Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun Jumat (24/5/2024)....

    More like this

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi...

    Turnamen Catur IKT Teluk Bintuni, Kuatkan Minat dan Solidaritas

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni, Ferdinan Mangalik, membuka...

    Kejari Bintuni Ultimatum GS Hadiri Panggilan Ketiga Terkait Kasus Dana Hibah KPU

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Kejari Teluk Bintuni Jhony A zhebua melalui Jaksa penyidik dari Kejaksaan Negeri...