28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Jelang Peringatan Sumpah Pemuda, LMA PB Agendakan Forum Kebangsaan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Lembaga Masyarakat Adat Papua Barat (LMA PB), mengagendakan sebuah forum kebangsaan untuk merefleksikan 93 tahun lahirnya Sumpah Pemuda. Forum ini bertajuk ‘Para-para Masyarakat Adat’.

    “Momentum Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang akan dikemas dalam acara ‘Para-para Masyarakat Adat’ atau sebuah forum bersama para tokoh pemuda Papua Barat. Dengan sejarah Kebhinekaan, maka kita satukan langkah mengawal pembangunan di Papua Barat dalam kerangka Otonomi Khusus, (Otsus),” kata Ketua LMA PB Frangky Umpain, Selasa (26/10/2021).

    Baca juga:  Dari Diskusi Siapa (Bisa) Urus Papua: Setop Salahkan Pemerintah

    Umpain melanjutkan, bahwa forum Para-para Masyarakat Adat Papua Barat di momen Sumpah Pemuda, akan mengangkat tema ‘Mengawal Otsus dalam bingkai NKRI demi pembangunan berkelanjutan di Papua Barat’.

    Direncanakan, kegiatan itu akan digelar di Swissbel Hotel Manokwari. Akan hadir Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, dan Kepala Kesbangpol Papua Barat, sebagai narasumber.

    Baca juga:  Selamat! Kodim 1802/Sorong Sabet Juara di Lomba Binter Tingkat TNI AD

    Menurut Umpain, forum itu digelar sebagai bentuk kesadaran pemuda Papua Barat, yakni proses kehidupan yang dilalui sebuah bangsa pada prinsipnya bergantung pada pemaknaan dari setiap nilai historis itu sendiri.

    “Bagi kami, Sumpah Pemuda merupakan peristiwa sejarah yang dapat dimaknai sebagai penghormatan kepada para pendahulu, juga sebagai semangat persatuan untuk merawat Kebhinekaan di Bumi Kasuari,” ujar Umpain.

    Sekilas catatan sejarah bahwa, Kongres pertama pada tahun 1926, dilaksanakan di Batavia dan kongres kedua pada tahun 1928 yang terdiri atas dua rangkaian kongres. Yaitu hari pertama yang membahas masalah pendidikan, dan hari kedua di mana para pemuda-pemudi Indonesia berikrar.

    Baca juga:  Polisi Bongkar Jaringan Begal Manokwari, 8 Sepeda Motor Diamankan

    “Ikrar inilah yang kemudian menjadi awal lahirnya identitas kebangsaan kita hingga hari ini, yaitu sebuah persatuan yang bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia,” kata Umpain.(LP7/red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...