27 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27 C
Manokwari
More

    Seniman Lokal Minim Wadah, Sergius Rumsayor Prihatin

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Anggota DPR Papua Barat Sergius Rumsayor menyampaikan keprihatinan atas minimnya wadah penyaluran kreasi bagi seniman lokal. Menurutnya, kreativitas seniman menjadi kering karena hal ini.

    “Kebudayaan dan kesenian termasuk urusan wajib sehingga harus diperhatikan. Di sisi lain saya lihat di Manokwari ini tidak ada panggung hiburan sebagai wadah bagi anak muda maupun seniman untuk mengekspresikan diri maupun bakat yang dimiliki,” ujar Sergius belum lama ini.

    Baca juga:  Unipa Wisuda 375 Mahasiswa, Rektor: Kita Alami Lompatan Besar

    Sergius mendorong agar ada perbaikan panggung hiburan di Jalan Percetakan Sanggeng. Wadah itu kata bisa kembali dihidupkan untuk membangkitkan spirit berkesenian anak muda.

    “Kita dorong agar wadah itu bisa hidup lagi. Dan ini kita minta pemprov Papua Barat bertanggung jawab untuk menghidupkannya,” jelasnya.

    Baca juga:  DAP Dukung Nataniel Jadi Pj Gubernur Papua Barat: Beliau Opsi Terbaik

    Di panggung tersebut diharapkan akan digelar even-even kesenian dan kebudayaan. Agar nantinya akan terus lahir seniman seniman besar di Manokwari.

    ”Selama ini tidak ada even. Sanggar-sanggar yang ada hanya sebatas latihan saja. Jarang mengikuti lomba. Bagaimana kebudayaan kita mau terjaga kalau tidak ada wadahnya. Ini perlu menjadi perhatian bersama,” jelasnya.

    Sergius juga menyarankan sanggar-sanggar seni yang ada dapat terus melakukan pembinaan seni dan budaya Papua dapat terus terjaga. Ia menyebut ketiadaan wadah dan desakan teknologi membuat banyak budaya asli Papua tergerus.

    Baca juga:  Jelang Seleksi MRPB, Perekrutan Unsur Adat - Perempuan Diambil Alih Kabupaten

    ”Memang untuk mendapatkan bantuan pembinaan dari pemerintah, sanggar-sanggar seni harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang sudah ada. Ini juga yang harus dipahami oleh sanggar-sanggar yang ada,” tutupnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...