24.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
24.8 C
Manokwari
More

    RSUP Papua Barat Segera Punya Ruang Khusus Jantung, Stroke dan Kanker

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama pimpinan OPD terkait meninjau RSUP Papua Barat, Senin (11/12/2023). Peninjauan sebagai tindak lanjut rencana pembangunan beberapa sarana dan prasarana baru.

    Sarana yang dipoyeksi segera dibangun yakni ruang, jantung, stroke dan kanker. Ali Baham menyebut, tiga ruang viral ini diharapkan kelar di 2024.

    “Untuk pembangunannya baru dimulai dengan fondasi. Kita berharap segera selesai agar pelayanan kanker, jantung dan stroke akan lebih optimal”, ujarnya.

    Baca juga:  Partai Garuda: Kami Dorong Kader Terbaik, untuk Perubahan di Raja Ampat

    Menurutnya, khusus jantung memang penanganannya harus serius. Karena penanganan jantung ini tidak sama dengan penanganan penyakit yang lain.

    “Waktu emasnya itu (jantung) singkat sekali. Jadi kalau orang kena sakit jantung kemudian dibawa ke Makassar atau Bali waktu tidak akan cukup”, ungkap Ali Baham.

    Oleh karena itu Ali Baham menegaskan, pemprov akan berupaya agar rencana ini mendapat sokongan anggaran yang lebih besar dari pemerintah pusat. Selain itu, pemprov juga akan segera mendatangkan alat jantung yang lebih canggih.

    Baca juga:  Masrawi Aryanto Terpilih Kembali Jadi Ketua DPD BKPRMI Manokwari Periode 2023-2027

    “Tapi peralatan ini bisa diberikan kalau ruangannya representif untuk alat – alat tersebut. Jadi kita harap kita punya ruangan yang layak dulu. Dengan begitu kita akan mendapatkan alatnya”, katanya.

    Ali Baham menambahkan, alat alat itu sedang dipersiapkan. Jika dalam waktu dekat, alat – alat tersebut sudah bisa didatangkan, maka bisa menggunakan ruangan lain untuk sementara.

    Baca juga:  Stunting-Miskin Ekstrem di PB Masih Tinggi, Waterpauw: Kita Bentuk Satgas

    “Tentunya akan dikonsultasikan lagi dengan pemerintah pusat agar ruangan tersebut bisa digunakan untuk penempatan peralatan tersebut,” terang dia.

    Beberapa peralatan yang ditinjau Ali Baham yakni MRI (Magnetic Resonance Imaging), alat CT Scan, alat USG, alat Mammogram, dan ruang operasi. (LP12/red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Besok Pergeseran Logistik, Kapolres Mansel Cek Kesiapan Personel

    MANSEL, linkpapua.com- Kapolres Manokwari Selatan AKBP Eliantoro Jalmaf memimpin apel gabungan pengecekan kesiapan pengamanan...

    BPJS-KPU-Dinkes Mansel Teken Komitmen, Petugas KPPS dapat Perlindungan JKN

    RANSIKI, linkpapua.com- BPJS Kesehatan bersama KPU dan Dinas Kesehatan Manokwari Selatan menandatangani komitmen bersama...

    Kapolda Papua Barat Harap Semua Pihak Ikut Ciptakan Rasa Aman Jelang Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edison Isir mengatakan, keamanan dan...