25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Papua Barat Beri Peringatan: Jangan Bakar Hutan dan Rusak Sumber Air

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengimbau agar warga di wilayah Papua Barat menahan diri dari praktik pembakaran hutan. Upaya ini dilakukan untuk mencegah potensi bencana kebakaran hutan yang dapat mengancam lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

    “Saya imbau masyarakat agar tidak membakar hutan,” ujar Waterpauw usai memipin apel gabungan di Stadion Sanggeng, Manokwari, Senin (14/8/2023).

    Baca juga:  APIP Bentuk Tim Khusus Telusuri Dugaan Pungli PCR di RSUD Manokwari

    Beberapa waktu belakangan, terjadi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Teluk Bintuni, dan Fakfak. Menghadapi situasi ini, Waterpauw telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Barat untuk memberikan panduan dan koordinasi kepada BPBD di tingkat kabupaten.

    Baca juga:  FKPT Papua Barat Kirim Delegasi ke Rakernas X Jakarta

    “Dua hari lalu saya sudah arahkan BPBD Papua Barat untuk memberikan arahan ke BPBD kabupaten. Di Mansel dan Bintuni sudah teratasi dan tinggal Fakfak,” ungkapnya.

    Tak hanya itu, Waterpauw juga menyerukan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan merusak, seperti pemotongan pipa air. Ia menjelaskan tindakan ini dapat berdampak serius pada kepentingan bersama, terutama pasokan air bersih.

    Baca juga:  Pindah ke Timika, I Wayan Suyatna Sampaikan Kenangannya di Manokwari

    “Air itu penting. Makan mungkin bisa kita tahan, tapi air minum itu penting. Mohon kita sama-sama bertanggung jawab,” serunya.

    Dengan langkah-langkah preventif dan koordinasi tepat, diharapkan wilayah Papua Barat dapat terhindar dari ancaman kebakaran hutan dan bencana lingkungan lainnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...