28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Petani Sagu di Raja Ampat Dibekali Pengetahuan Produksi Sagu Berkualitas

    Published on

    WAISAI, Linkpapua.com—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian membekali sebanyak 20 petani dengan pengetahuan produksi sagu berkualitas.

    Peningkatan kemampuan petani tersebut, lebih diarahkan kepada kegiatan off farm (pasca produksi). Dengan harapan, sagu dapat dikelola menjadi ragam bahan pangan yang bernilai ekonomis.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Walujo B.Hugo mengatakan, pelantihan yang dilaksanakan kali ini menyasar para petani di 4 kampung, dan berasal dari Distrik Distrik Waigeo Selatan, Salawati Tengah, Tiplol, Mayalibit, dan Teluk Mayalibit.

    Baca juga:  Argentina ke Final, Warga Waisai Tumpah Ruah Konvoi Rayakan Kemenangan

    “Seperti hal kelapa, bisa dioleh menjadi virgin coconut oil dan kopra. Sagu juga bisa diolah menjadi bahan makanan yang bisa menambah uang belanja petani,” ujarnya, Selasa (4/7/2023).

    Bahan baku sagu, sebut Walujo, cukup banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia bagian timur, termasuk di kabupaten Raja Ampat.

    Baca juga:  Pemkab Raja Ampat Pastikan Anggaran Asrama Mahasiswa Tersalur Rp50 Juta per Tahun

    Dengan peningkatan kapasitas SDM ini, pemkab Raja Ampat berharap petani mampu memproduksi berbagai produk turunan sagu sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

    “Pelatihan ini dapat mendukung strategi pengembangan di masa off farm. Ini diawali dengan perbaikan teknologi pengolahan untuk mendukung pengembangan industri sagu yang ada saat ini,” terangnya.

    Baca juga:  Daftar ke KPU, Bacaleg PAN Raja Ampat Diantar dengan Prosesi Adat

    Walujo menambahkan, kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian dari program dinas dalam rangka pemetaan potensi unggulan daerah.

    “Termasuk potensi komoditas lokal sehingga akan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendir,” tutupnya.

    Kegiatan peningkatan pengetahuan petani sagu, ini turu menghadirkan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Abdull Wahab Sangaji, serta Instruktur Processing BPVP Sorong, Abdull Rajab. (LP10/Red) 

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Dinas Pendidikan Raja Ampat Klarifikasi Gaji PPPK yang Belum Terbayar

    RAJA AMPAT, LinkPapua.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya,...

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai,...

    Hermelina Resmi Gantikan Rahmawati Tamima sebagai Anggota DPRK Raja Ampat

    WAISAI, Linkpapua.com- DPRK Raja Ampat melakukan pelantikan anggota Dewan dalam Pergantian Antar Waktu (PAW),...