oleh

Pemuda Kei Punya Ketua Baru, Bupati Manokwari Janji Bangunkan Sekretariat

MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indouw, menutup secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) I Pemuda Kei Kabupaten Manokwari, Rabu (2/6/2021).

Pemuda Kei di Manokwari kini punya ketua baru. Hasil Musda menempatkan Mohamad Refra atau yang kerap disapa Etok sebagai ketua terpilih. Dia memperoleh 95 suara, unggul dari Agustinus Oskar Sarkol yang memperoleh 11 suara.

Dalam sambutannya, Bupati Hermus Indouw memuji eksistensi masyarakat terutama pemuda Kei yang ada di Manokwari. “Anak-anak Kei itu hebat, luar biasa,” kata Hermus.

Dia juga mengaku, sebelumnya pun sudah mendapat kabar bahwa ketua terpilih memang mendapat dukungan mayoritas dari pemuda Kei atas dedikasi dan pergaulannya.

“Anda sudah membuktikan bahwa diri Anda menjadi harapan pemuda Kei semua. Saya kira apa yang hari ini tunjukan untuk Anda bukan suatu kebetulan, tapi proses yang Tuhan taruh sengaja untuk Anda,” Hermus. “Ade (adik) akan tetap jadi pemimpin yang hebat, pemuda yang akan memimpin,” imbuhnya.

Di sisi lain, Bupati Manokwari mengajak pemuda Kei agar terus bersatu membangun. Bukan hanya dari sisi pemuda, tetapi juga berkontribusi untuk membangun Kabupaten Manokwari tercinta.

“Kita juga bersyukur bahwa Tuhan menciptakan kita dalam kemajemukan yang luar biasa, menganugerahkan kepada kita kekayaan suku dan juga bangsa,” katanya.

Musda ini, kata dia, merupakan pertanda kebangkitan warga, terkhusus lagi bagi pemuda Kei di Manokwari. Kebangkitan bukan sesuatu yang pasif, tapi pemuda yang aktif karena berupaya agar terus bergerak maju dan melakukan hal yang luar biasa.

“Pemuda Kei menurut bahasa Arfak adalah pemuda yang sangat baik karena perkataannya, karena karakternya, tetapi juga sangat baik karena perbuatannya. Pemuda Kei bukan hanya dituntut agar menjadi bagian dari masyarakat Maluku Tenggara, tetapi tentu kalau sudah ada di tempat ini maka bahasa yang tepat adalah saya Kei, tetapi saya juga Papua,” ujar Bupati.

Bupati mengakui bahwa peradaban dan pembangunan yang saat ini dicapai di Manokwari tidak terlepas dari peran serta semua pihak yang di dalamnya juga terdapat pemuda atau masyarakat Kei.

Bupati berjanji akan mengalokasikan anggaran di APBD Perubahan 2021 untuk membangun Sekretariat Pemuda Kei di Manokwari.

“Ke depan sebagai Pemerintah Manokwari kita sedang berpikir agar pemuda Kei ikut mengambil bagian dalam pembangunan di Manokwari sebagai upaya kita merasa memiliki pemerintahan ini,” harapnya.

“Saya minta Ketua Pemuda Kei dan Ketua Kerukunan Kei agar segera mencari lokasi untuk dibangun sekretariat. Kita upayakan di APBD Perubahan, kita siapkan anggaran, kita bebaskan tanah dan hibahkan,” tambah Hermus.

Sementara itu, Mohamad Refra, Ketua Pemuda Kei terpilih menyampaikan terima kasih atas dukungan kepada dirinya.

“Saya tentu tidak mampu sendiri bekerja untuk membangun pemuda, tetapi marilah kita menyatukan fandangan demi persatuan berdasarkan falsafah ain ni ain,” kata Refra.

Refra menyampaikan terima kasih kepada Bupati Manokwari atas kesediaan waktu serta perhatiannya terhadap masyarakat lebih khusus kepada Pemuda Kei.

“Mari kita menyatukan kasih sayang, bergandengan tangan dengan semua pihak agar membangun Manokwari,” serunya.

Hadir dalam penutupan Musda, Ketua Kerukunan Masyarakat Kei di Manokwari, Anggota DPRD Papua Barat, serta sesepuh dan para pemuda maupun pelajar Kei di Manokwari. Pelaksanaan Musda berlangsung aman dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. (LP2/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini