27.8 C
Manokwari
Senin, Juli 22, 2024
27.8 C
Manokwari
More

    Infrastruktur pariwisata Raja Ampat akan jadi prioritas Kemen PUPR

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com-Pembangunan infrastruktur pendukung sektor pariwisata di Kabupaten Raja Ampat, akan menjadi prioritas kebijakan anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

    Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Watipo, Rabu, mengatakan saat ini pemerintah sedang membangun infrastruktur di lima destinasi super prioritas Indonesia, meliputi Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo dan Likupang.

    Baca juga:  KPU Papua Barat: Baru Lima Calon Senator dan Dua Parpol yang Resmi Terdaftar

    Kebijakan anggaran infrastruktur sektor pariwisata dari Kementerian PUPR, katanya sedang,diarahkan ke lima destinasi tersebut

    “Lima destinasi pariwisata super prioritas itu yang sedang kita progres. Kalau itu sudah selesai, Raja Ampat akan masuk dalam prioritas berikutnya,” kata Wetipo.

    Terkait pembangunan infrastruktur di Raja Ampat, ia mengungkapkam bahwa ada beberapa kendala yang harus dituntaskan bersama, diantaranya masalah status kawasan.

    Baca juga:  Pelaku Utama Pembunuhan Yahya Janjikan Imbalan Uang dan Babi ke Eksekutor

    Menurutnya ada beberapa persoalan krusial yang membutuhkan sinergitas antara kementerian/lembaga serta pemerintah daerah, diantaranya terkait pemanfaatan lahan sebagai lokasi pembangunan infrastruktur.

    “Seperti masalah kepemilikan lahan yang merupakan tanah adat. Selain itu sebagian besar wilayah di Raja Ampat adalah kawasan konservasi. Ini butuh solusi bersama baik di pusat maupun daerah,” katanya lagi.

    Untuk membangun infrastruktur misalnya jalan, lanjut Wempi, persoalan lahan harus tuntas agar tidak bermasalah dari sisi hukum.

    Baca juga:  Bertemu Pj Gubernur Ali Baham, DPRPB Soroti Rendahnya Serapan Anggaran

    Menurutnya, Kementerian PUPR serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) harus bersinergi agar masalah-masalah terkait status kawasan dapat diselesaikan serta tidak melanggar aturan.

    Ia mengutarakan selain meningkatkan daya tarik wisatawan, ketersedian infrastruktur di Raja Ampat juga penting untuk mendorong peningkatan investasi. (LPB1/red)

    Latest articles

    Kajati Papua Barat Paparkan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke- 64

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Muhammad Syarifuddin mengungkapkan pihaknya berkomitmen melakukan penegakan...

    More like this

    Kajati Papua Barat Paparkan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke- 64

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan...

    Kajati Papua Barat Harap HBA ke-64 jadi Momentum Introspeksi Diri

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kejaksaan Tinggi Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64,...

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...